NTT Contoh Toleransi Umat Beragama di Indonesia | www.moral-politik.com

NTT Contoh Toleransi Umat Beragama di Indonesia

Wamen agama ri nasarudin umar

moral-politik.com - Wakil Menteri (Wamen) Agama Republik Indonesia, Nasaruddin Umar, mengatakan, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi contoh toleransi antarumat bergama di  Indonesia. Pasalnya, Pasalnya kemejemukan antar umat beragama di daerah tersebutv sangat jauh  lebih indah.

Wamen Nasaruddin mengatakan itu saat memaparkan materi pada Training Of Trainers (TOT), yang dilaksanakan Pusat Studi Al-Quran (PSQ) Jakarta bekerjasama dengan PT. Bank Mandiri, Lokal NTT, Kementrian Agama Provinsi NTT, Yayasan Peduli Kaum Duafa dan Damar Institute NTT di Asrama Haji Kupang.

Menurutnya, NTT menjadi contoh tolernasi bagi bangsa indonesia, sebab di NTT lahir sebuah konfigurasi kehidupan antarumat beragama yang sangat indah. Toleransi itu harus harus  tepelihara dengan baik akan menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

“Pemerintah pusat harus menjadikan Provinsi NTT sebagai daerah percontohan kerukunan umat  beragama karena kehidupan beragama di daerah ini yang penuh dengan pluralisme namun tetap harmonis,” katanya.

Dia mengatakan, kehidupan pluralisme ini perlu ditanamkan dalam kehidupan umat beragama di  NTT apalagi dengan berbagai pengalaman yang dimiliki dalam menjalin kehidupan kebersamaan
antar umat beragama dan ini yang harus menjadi model bagi provinsi-provinsi lain di  Indonesia.

“Kerukunan umat beragama merupakan upaya untuk mendukung harmonisasi antarumat beragama, sehingga dimensi pemba­ngunan agama sangat penting,” ujarnya.

Menyinggung kegiatan pelatihan itu, Wamen menegaskan, dai dan penyuluh agama islam harus  terciptakan kerja sama yang baik antar umat beragama maupun antar golongan.

Kata dia, kegiatan oleh pusat studi Qur’an tersebut mengajarkan umat Islam  memperkenalkan agama Islam sebagai agama rahmatan lilalaminm. Untuk itu, sangat tepat kalau antara umat beragama tetap memupuk rasa persaudaraan.***

(AVI)  

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login