104

Moral-politik.com. Sejumlah aktivis lingkungan di Aceh mendeklarasikan sebuah partai lokal baru yang diberi nama Partai Aceh Hijau (PAH). Deklarasi berlangsung di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Rabu (5/6/2013).

“Terbentuknya partai ini karena semangat dari aktivis lingkungan di Aceh yang selama ini berjuang dalam melakukan advokasi terhadap lingkungan merasa belum terjawab karena kondisi kebijakan selama ini belum berpihak kepada lingkungan,” kata Efendi, salah satu inisiator pendiri Paratai Aceh Hijau kepada Kompas.com.

Efendi menambahkan, kendaran partai politik lokal ini dianggap perlu dibangan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat lemah terhadap kebijakan lingkungan, sehingga dengan adanya paratai ini  mereka mendapat porsi yang sama dan merata terhadap kesejahteraan dari kebijakan pemerintah.

“Kita akan melakukan suara-suara hijau yang berpihak kepada masyarakat bawah,” kata Efendi.

Sementara, menurut Azhar, salah satu pemerhati lingkungan di Aceh, lahirnya Partai Aceh Hijau (PAH) ini bertujuan bukan untuk menjadikan salah satu perserta dalam Pemilu 2014.

“Tujuan utama kami adalah membangun politik hijau dimulai dari tingkat masyarakat yang paling bawah, sehingga nantinya mereka lah yang akan menjelma menjadi manifesto politik yang bisa memengaruhi terhadap kebijakan dan pembangunan Aceh yang hijau ke depan,” ungkapnya.

Sumber: kompas.com

Baca Juga :  Lanjutkan Program SBY, Prabowo didukung Marzuki Alie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 5 = 11