Muhamad Faruq

Moral-politik.com. PT. Pertamina Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, akan segera menghadirkan Stasiun Bahan Bakar Umum Transportable (SPBU-T) di Kota Kupang.

Hal ini disampaikan Sales Retail Wilayah XIII PT. Pertamina Cabang NTT, Muhamad Faruq kepada Moral-politik.com di Kupang, Rabu (19/06).

Muhamad Faruq menjelaskan, SPBU-T merupakan SPBU berdesain yang terintegrasi dengan kerangka kontainer yang bisa beroperasi secara mobile. Hal ini bisa mengantisipasi penumpukan atau antrean panjang di SPBU.

“SPBU-T sistemnya mobile sehingga bisa berpindah-pindah. Jadi kalau dilihat dimana ada penumpukan kendaraan maka SPBU-T ini bisa bergeser kesitu untuk melayani masyarakat, sehingga tidak ada lagi antrean,” jelasnya.

Selain itu, SPBU-T dilengkapi dengan tangki penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM), pompa dispenser, serta ruangan operator terkoneksi dengan komputer untuk operasional SPBU. “Manfaat SPBU-T yakni memudahkan mobilisasi dari produsen dan instalasi di lokasi,” ujarnya.

SPBU-T juga tidak memerlukan lahan yang terlalu luas sehingga dapat diterapkan pada lahan terbuka di SPBU yang sudah ada. Bahkan, untuk perusahaan pertambangan, perkebuhan, kehutanan, serta industri lainnya untuk memenuhi kebutuhan solar non-subsidi terutama bagi kendaraan operasional. “Kalau kita mau bangun sebuah SPBU pasti membutuhkan lokasi yang luas dan sesuai dengan lokasi peruntukan lahan sesuai dengan tata ruang yang ada dalam satu wilayah. Selain itu, juga  harus ada ijin serta Amdal dan lain-lain. Intinya kalau SPBU-T ini tidak butuh lokasi dan ijin yang macam-macam serta tidak banyak mengeluarkan anggaran,” katanya. (Ale)

 

Baca Juga :  Rote Ndao: Pemkab Tak Serius Tangani Lampu Jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 1 =