78

Moral-politik.com. Berbicara mengenai kesehatan, tak terlepas juga dari pengontrolan diri. Karena kesehatan dan pengontrolan diri itu merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan satu dengan lainnya. Hal inilah yang disampaikan Ani Costa, ketika ditemui Moral-politik.com di sela-sela mengikuti pembagian raport kelas SD kelas satu sampai lima di SDK I Atambua, Jumat (21/6).

Menurut gadis berusia 18 tahun ini, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga sangat mengganggu kenyamanan dengan orang lain, ketika dijadikan lawan bicara. Serta, dapat mengganggu keretakan rumah tangga.

“Ya, kalau setiap hari seorang suami mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah hanya untuk membeli rokok, otomatis perekonomian dalam rumah tangga tersebut pastilah terganggu sekali. Untuk itu, saya sarankan bagi suami-suami atau para lelaki, hendaknya mengurangi merokok. Karena sangat berbahaya bagi kesehatan dan mengganggu perekonomian dalam rumah tangga,” ungkap Ani.

Ketika ditanya, apa solusinya agar kaum lelaki yang telah ketagihan merokok dapat berhenti? Ani, demikian sapaan manisnya menjawab dengan lugas: “Ya, ketika ada keinginan untuk merokok kembali, dikasihlah camilan sebagai penggantinya. Lama-kelamaan dia akan berhenti dari kebiasaan merokok. Dan dia juga mau menahan diri, ketika ada keinginan untuk merokok. Kasihan kan, kalau setiap hari uang yang ada hanya dihabiskan untuk merokok. Coba uang yang ada itu dipakai beli susu mungkin jauh lebih baik”. (Felix)

 

Baca Juga :  Tak Dukung Pendidikan, Bangsa Ini Berjalan Bak Manusia Gila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here