Bekas Kantor Bupati Kupang Dibangun Pusat Perbelanjaan | www.moral-politik.com

Bekas Kantor Bupati Kupang Dibangun Pusat Perbelanjaan

1

Moral-poltik.com. Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tetap pada rencana semula untuk menyewakan tanah bekas kantor bupati seluas 16.380 meter persegi di Kelurahan Fontein, Kota Kupang kepada PT. Newport Shophouse Lateri Ambon (Bliss Group) untuk dibangun sebuah pusat perbelanjaan dan hotel dengan kontrak kerja sama selama 30 tahun.

Kepala Bagian Humas Pemkab Kupang, Stefanus Baha, kepada wartawan di Kupang, Minggu (9/6)  mengatakan, kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman bersama yang ditandatangani oleh Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dengan Isaac Bliss Tanihaha, Komisaris Utama Bliss Group.

Menurut Baha, ini adalah sebuah terobosan baru Pemkab Kupang yang membuka diri terhadap  kehadiran investor di daerah tersebut, setelah tahun 2012 lalu menjalin herjasama dengan  pihak swasta yang mengadirkan gerai belanja Hypermart.

“Lahan yang akan dimanfaatkan Bliss Gorup itu selain bekas kantor bupati, juga bekas tanah dinas pertambangan dan energi, rumah dinas golongan III, dan bekas tanah kantor dinas pendapatan. Dengan adanya nota kesepahaman itu, tidak lama lagi Kota Kupang akan memiliki sebuah pusat perbelanjaan baru yang megah,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sesuai jadwal waktu perjanjian, setelah 30 tahun pertama, kerja sama tersebut masih bisa diperpanjang untuk 30 tahun kedua, yang selanjutnya dituangkan dalam adendum  perjanjian.

Kata dia, nilai investasi yang akan digelontorkan Bliss Group diperkirakan sebesar Rp 200 miliar dalam bentuk bangunan baik pusat perbelanjaan maupun hotel seluas 40.000 meter

persegi, yang akan dikerjakan dalam waktu 16 bulan.

Dalam nota kesepahaman itu, lanjutnya, juga disepakati sistem bagi hasil yang dihitung dari dua komponen, yaitu pendapatan dari pusat perbelanjaan dan seluruh fasilitasnya serta pendapatan hotel dan seluruh fasilitasnya.

Sesuai kesepakatan, paparnya, sistem bagi hasil diterapkan, tahun pertama Pemkab Kupang akan  memperoleh 1,00 %, tahun kedua 1,50 %, tahun ketiga sampai tahun kelima 2,00 %, tahun keenam  sampai tahun ke-10 2,50 % dan ke-11 sampai tahun ke-30 sebanyak 3,00 %.

“Untuk sistem bagi hasil 30 tahun kedua, juga telah dituang dalam kesepakatan tersebut, sehingga Pemkab Kupang memperoleh pendapatan 5,00 %  dari pendapatan pusat perbelanjaan dan hotel yang dikelola Bliss Group,” katanya.***

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login