71

 

Moral-politik.com. Hendriks Pati selaku Bendahara pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Lembata, dituntut selama 4 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus dugaan korupsi dana operasional Bahan Bakar Minyak (BBM)  jenis Oli dan Solar di Kabupaten Lembata, Kamis (20/6) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang.

Dalam tuntutannya, Agung Puger selaku JPU mengatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam dana operasional BBM jenis Oli dan Solar di Kabupaten Lembata.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi  dana operasional BBM jenis Solar dan Oli di Kabupaten Lembata, sehingga dituntut selama 4 tahun penjara,” katanya.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan itu dipimpin majelis hakim, Khairulludin, didampingi dua hakim anggotanya masing-masing, Agus Komarudin, dan Hartono. Terdakwa Hendrikus Pati didampingi kuasa hukumnya, Erik Mamoh dan Egy Djaha. Turut hadir JPU, Agung Puger.

Selain dituntut selama 4 tahun penjara, terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 200 juta. Dalam tuntutan itu JPU menegaskan terdakwa wajib membayarnya selambat-lambatnya satu bulan setelah keputusan majelis hakim berkekuatan tetap, namun jika terdakwa tidak mampu mebayarnya maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan.

“Jika tidak membayar uang pengganti maka akan diganti dengan hukuman pidana penjara selama 3 bulan penjara,” kata Puger.

Erik Mamoh, kuasa hukum terdakwa akan mengajukan pembelaan secara tertulis terkait tuntutan JPU yang dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang. “Kami akan ajukan pembelaan secara tertulis untuk menanggapi tuntutan JPU,” katanya.

Perlu diketahui, pengelolaan dana operasional BBM sebesar Rp 1. 130.235.000 untuk operasional BBM Solar dan Oli bagi delapan PLTD di Lembata, di Kabupaten Lembata tahun 2009-2010. (richo)

Baca Juga :  Empat Bacaleg Kota Kupang Diadukan ke KPU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 13 =