1

Moral-politik.com. Kepala BP3TKI NTT Tumbur Gultom mengatakan, untuk memberantas sindikat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) illegal, sesungguhnya bukanlah hal yang sulit, jika seluruh stakeholders mempunyai niat yang sama untuk memberantasnya.

Menurut Tumbur Gultom, salah satu langkah yang harus dilakukan saat ini untuk meminimalisir kasus TKI ilegal yakni pengaktifan kembali Satgas TKI.

“Kalau sama-sama mau memberantas TKI ilegal itu bisa dan gampang. Kok hanya bandara dan pelabuhan. Kalau kita semua di situ, saya rasa tidak ada masalah,” kata Tumbur Gultom kepada wartawan, Jumat (07/06).

Tumbur Gultom optimis jika seluruh instansi yang tergabung dalam Satgas TKI menjalankan tugasnya secara optimal maka sindikat TKI ilegal dapat diminimalisir.

“Cuma ini satu-satunya cara untuk memberantas TKI ilegal yang marak terjadi belakangan ini. Saya optimistis akan berhasil,” simpulnya.

Gultom mengatakan, pihaknya telah menerbitkan 1.000 kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN) dari Januari-Mei 2013. Dari jumlah tersebut, 785 orang telah diberangkatkan ke berbagai Negara, diantaranya Malaysia, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Brunei Darussalam. Sementara pemegang KTKLN lainnya, masih mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan TKI sebelum diberangkatkan ke negara tujuannya masing-masing. (Ale)

 

Baca Juga :  China: Sepasang Pengantin Mengenakan Kostum Ronaldo dan Messi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here