8

 

Moral-politik.com. Mengantisipasi maraknya peredaran Narkoba di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Pemerintah Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta pemerintah pusat segera membangun Badan Narkotika Nasional (BNN) di daerah itu.

Bupati Belu, Joachim Lopez kepada wartawan di Kupang, Selasa (25/6) mengatakan, kehadiran BNN di wilayah batas negara itu penting seiring dengan maraknya jaringan perdagangan narkoba melalui pintu lintas batas kedua negara itu.

Dia mengatakan hal itu menanggapi komitmen nyata pemerintah daerah setempat dalam mendukung Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) yang berkomitmen memberantas jaringan narkoba internasional melalui pintu perbatasan dua negara.

“Keberadaan BNN sangatlah diperlukan untuk bisa menjaga dan mengawasi kemungkinan masuk dan keluar narkoba yang beberapa waktu terakhir sudah menjadi sebuah sindikat antarnegara,” katanya.

Kata dia, lemahnya pengawasan petugas di perbatasan, akan menjadi potensi besar para penyelundup antarnegara melakukan penyelundupan ke dalam wilayah RI melalui pintu perbatasan RI-Timor Leste di Kabupaten Belu.

“Kita saat ini tidak memiliki peralatan yang cukup canggih untuk memantau barang tersebut, ditambah belum adanya lembaga BNN,” ujarnya.

Kendati belum dibangunnya BNN di wilayah batas negara, Pemerintah Kabupaten Belu tetap melakukan pengawasan ketat dan terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum seperti kepolisian resort Belu dan elemen lainnya, termasuk masyarakat.

Menurut dia, pelibatan aparat kepolisian Polres Belu itu, sebagai bagian dari tanggung jawab riil pemerintah untuk melakukan pengawasan masuknya barang haram itu yang pengaruhnya akan sangat besar bagi pertumbuhan anak bangsa di Indonesia.

“Komitmen Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Kabupaten Belu, juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Timor Leste melalui Polisi Nasional Timor Leste, yang telah datang ke Belu untuk membicarakan kerja sama pemberantasan jaringan perdagangan internasional tersebut,” jelasnya.*** (AVI)

Baca Juga :  Cerpen: Gosongnya malamku di Kota Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

28 − 26 =