bpbd ende

Moral-politik.com. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), memantau perkembangan  Gunung Kelimutu yang juga menjadi kawasan wisata andalan Kabupaten Ende.

Juru Bicara BPBD Kabupaten Ende, Agus Sina mengatakan, mereka datang ke Kelimutu atas instruksi Bupati Ende, Don Wangge. Menurut Agus Sina, Bupati Ende Don Wangge memerintahkan BPBD Ende untuk melihat perkembangan gunung Kelimutu.

“Hasil pantauan dan tinjauan kami ini, akan kami sampaikan ke Pa Bupati untuk diambil langkah lebih lanjut,” kata Agus Sina.

Ketika ditanya apakah langkah selanjutnya usai memantau perkembangan Gunung Kelimutu, dirinya mengatakan  belum tahu apakah langkah lanjutan yang akan diambil Bupati Ende nanti. Namun dia yakin, langkah lanjutan itu terkait dengan penutupan kawasan wisata Kelimutu bagi wisatawan dan penduduk lokal demi keselamatan jiwa.

Menurut Agus Sina, dari hasil pengamatan mereka di Gunung Kelimutu, untuk sementara memang aman. Tidak ada asap yang mengepul dari kawah Danau Nuwa Muri Koofai, juga tidak ada lagi bau belerang yang menyengat. Namun, kata dia, untuk membuka kawasan wisata itu, tergantung dari hasil pertemuan mereka dengan Bupati Ende nanti.

Perintah melalui Pusat Vulkanologi Bandung menutup Gunung Kelimutu yang juga  obyek wisata andalan Kabupaten Ende, sejak 4 Juni lalu. Ini karena meningkatnya aktivitas gunung tersebut, berupa asap dari kawah serta bau belerang menyengat dan gempa-gempa kecil. (ALo N)

Baca Juga :  Pemkab Belu Harus Bangun Lokalisasi PSK demi PAD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here