Foto Bencana Banjir Benenain, Kabupaten Malaka 2013 (2)

 

Moral-politik.com. Sejak terjadi bencana banjir pada Sabtu (8/6), banyak masyarakat yang belum mau mengungsi ke tempat yang aman. Tapi ketika telah terjadi genangan air banjir yang mencapai 3 meter lebih, barulah masyarakat mau mengungsi.

Hal ini dikatakan Camat Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Anselmus Nahak ketika ditemui Moral-politik.com di kantor Camat bersama Tim PMI Belu, Senin (24/6). Menurutnya, ini merupakan bencana terbesar dan terparah yang dialami masyarakat Kabupaten Malaka.

“Ini baru dikatakan bencana banjir terparah dan terberat, karena banyak harta benda dan rumah yang telah rusak akibat hantaman air banjir. Bayangkan saja, agar selamat dari bencana banjir, masyarakat sampai naik ke loteng rumah. Jika tidak naik ke loteng rumah, maka akan tersapu dan dibawa air banjir. Kali ini banyak batang kayu yang dibawa serta, sehingga membuat masyarakat takut!” jelasnya.

Masih menurutnya, sebagian masyarakat di 3 desa hingga kini masih terisolir, karena air banjir yang semakin meninggi serta curah hujan yang semakin meninggi pula. Bila tidak segera dilakukan evakuasi maka bisa terjadi bencana nasional.

“Ya bisa saja dikatakan bencana nasional, karena masih terdapat sebagian masyarakat yang sampai detik ini belum dapat dievakuasi. Dan bisa juga akan terjadi korban jiwa yang mencapai ratusan bahkan ribuan jiwa. Kita belum tahu, apakah masyarakat di 3 desa yang masih tersolir itu aman atau tidak. Jangan sampai ada sebagian yang sudah meninggal karena kedinginan, lapar, haus dan atau mungkin bisa juga karena kondisi fisik yang tidak mendukung. Soal bantuan dari Pemerintah Provinsi, sudah disalurkan kepada masyarakat. Tapi sebagian masyarakat belum mendapatkan bantuan tersebut. Banyak yang mengungsi karena air banjir semakin tinggi. Semua harta benda dan makanan yang dimiliki masyarakat, sudah dibawa banjir. Memang ada bantuan dari Pemprov dan Pemda Belu, tapi masih kurang karena masyarakat begini banyak, dan belum terdata dengan baik, karena berbagai faktor,” tuturnya.  (Felix)

Baca Juga :  JK Sangat Berjasa, Pantas Maju Sebagai Capres!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

53 + = 60