70

Moral-politik.com. Kepala Pos Pengamatan Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Gabriel Rago mengatakan, aktivitas gunung kelimutu masih normal. Menurut Gabriel Rago, sejak pertengahan Mei terjadi gempa-gempa kecil, serta ada asap yang muncul di tebing kawah danau Nuwa Muri Koo Fai. Namun pengunjung masih boleh mengunjungi danau tiga warna itu.

8

“Sejak tanggal 17 ada muncul gempa-gempa vulkanik, baik Vulkanik A dan vulkanik B, tapi itu hanya satu sampai dua kali satu hari. Belum ada peningkatan. Kalau su meningkat mungkin dia punya aktivitas mungkin lebih lain lagi daripada yang sekarang ini. Tapi untuk yang sekarang, seismiknya masih satu, bahkan kemarin kosong. Asap keluar, diperangkap oleh air danau kawah, dan air danau kawah itu sendiri pasti mengalami perubahan,” papar Gabriel Rago.

8

Kepala Pos Pengamatan Gunung Kelimutu, Gabriel Rago menambahkan, meski aktivitas gunung Kelimutu masih normal, dia mengingatkan agar pengunjung membawa masker atau sapu tangan basah untuk antisipasi bau belerang yang bisa mengganggu pernapasan. Gabriel Rago mengatakan, di bagian tenggara dan selatan Danau Kelimutu hingga ke perkampungan Desa Pemo, pohon krinyut banyak yang layu. Sementara Danau Nuwa Muri Koo Fai, salah satu danau itu telah berubah warna dari warna hijau menjadi puitih kopi susu. Sedangkan danau ata polo,  tetap berwarna merah hati,  danau ata bupu  tetap berwarna hijau lumut. (Sil Sega)

 

Baca Juga :  TTU: Penerima BLSM di Miotim Tanam Pohon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

68 − = 66