1

 

Moral-politik.com. Pemerintah Kabupaten Ende masih tetap menutup kawasan wisata Gunung Kelimutu. Padahal dalam dua hari terakhir, sudah ada   pengunjung yang datang ke Puncak Kelimutu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Ende, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah kabupaten Ende baru akan membuka kawasan wisata Gunung Kelimutu, jika ada rekomendasi dari pusat vulkanologi.

“Belum dibuka, tetap masih ditutup! Kalaupun misalnya ada itu yang nerobos-nerobos jalan tikus kali. Tidak, kita tidak akan… tidak akan buka. Kan saya sudah…kemarin sudah pertemuan dengan bupati dan BPBD. Pada prinsipnya  bupati juga tidak akan membuka sebelum rekomendasi keluar dari instansi berwenang, begitu. Jadi tidak bisa itu tidak bisa boleh membuka. Jadi itu harus ada rekomendasi dulu. Pokoknya sebelum ada rekomendasi dari sana belum akan membuka secara resmi. Kalaupun ada yang masuk berarti ilegal,” tandas Sri Mulyani.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Ende, Sri Mulyani menambahkan, aktivitas Kelimutu sudah berkurang, seperti asap sudah tidak ada, bau belerang sudah tidak terasa. Namun gempa-gempa kecil masih terjadi. Sejak tiga hari terakhir sudah ada pengunjung yang datang ke Kelimutu melalui jalan tikus. Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Ende berencana mendatangkan Tim dari Pusat Vulcanologi, Mitigasi Bencana Geologi Bandung untuk meneliti perkembangan aktivitas Gunung Kelimutu. (Sil Sega)

 

 

Baca Juga :  Rote Ndao: Warga Oeledo Minta Air Bersih dan Jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

74 − = 72