z

 

Moral-politik.com. Petani di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, minta penyuluh pertanian lapangan dan petugas dari Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat mendampingi para petani. Ini karena tanaman pertanian dan perkebunan mulai terserang hama.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Gapoktan Desa Woloara, Kecamatan Kelimutu, Lambertus Pamo mengatakan, sebagai ketua kelompok dia mendapat keluhan dari anggota soal hama aneh yang menyerang tanaman pertanian mereka.

“Di Desa Nuamuri, para petani kentang di sana mengeluh karena tanaman kentang mereka terserang hama aneh. Ini perlu segera diatasi,” katanya.

Menurut Lambert Pamo, selama ini Dinas Pertanian dan Perkebunan Ende telah banyak membantu bibit serta benih ke kelompoknya, namun tidak ada petugas lapangan dari dinas pertanian yang  meninjau tanaman yang terserang hama itu.

“Memang selama ini dinas pertanian memberi bibit dan benih kepada kami. Tetapi pada saat tanaman terserang hama dan penyakit, petugas dari dinas pertanian dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)  tidak memantau,” kata Lambert Pamo.

Dia menambahkan, jika ada PPL  atau Petugas dari dinas pertanian yg memantau, maka petani sangat terbantu, karena masalah yang berkaitan dengan hama atau penyakit tanaman bisa segera diatasi. (Alo N)

Baca Juga :  Catatan dari Pesta Sail Komodo 2013 (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here