FASILITASI PENDEMO

foto: ilustrasi demo (ini demo minta KPUD NTT tunda pleno pilkada NTT)

 

 

Moral-politik.com.  Gerakan ini menuntut agar pihak berwenang menuntaskan segala pelanggaran yang terjadi pada saat proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT putaran pertama dan putaran kedua beberapa waktu lalu.

Massa yang berjumlah puluhan orang ini mendatangi kantor badan pengawas pemilu atau BAWASLU provinsi NTT Rabu, (06/06/2013) dengan beberapa tuntutan diantaranya, massa meminta agar BAWASLU sebagai pengawas pemilu menuntaskan kasus money politic yang terjadi di kabupaten TTS, FLOTIM serta Sumba Barat Daya.

Selain itu, massa juga meminta agar tuntaskan pelanggaran sistematis yang terjadi di Kabupaten SIKKA dan TTU serta tuntaskan kasus perdagangan demokrasi di kabupaten LEMBATA, dan seluruh pelanggaran pemilu yang terjadi pada pemilukada NTT putaran kedua beberapa minggu yang lalu.

Massa juga meminta agar pihak kepolisian lebih mengutamakan transparansi dalam menangani pelanggaran-pelanggaran pemilu yang sudah dilimpahkan BAWASLU sehingga apa yang dinamakan demokrasi dapat berjalan dan terus ditegakan.

Menanggapi persoalan yang dinyatakan massa, anggota BAWASLU NTT Jemrys Fointuna mengatakan, pihaknya sudah siap jika ada perintah dari Mahkama Konstitusi maka pihaknya akan menyiapkan bukti-bukti pelanggaran yang terjadi, dan akan dibawa ke dalam sidang perdana di Mahkama Konstitusi nantinya.

Sementara dugaan pelanggaran pemilu baik money politic maupun pelanggaran pemilu lainnya yang terjadi pada pemilukada NTT, Fointuna mengatakan, BAWASLU di tingkat kabupaten saat ini sudah melanjutkan atau melimpahkan semua berkas kepihak kepolisian setempat untuk ditindak lanjuti sesuai undang-undang yang berlaku.

Fointuna berharap agar masyarakat terus mendukung dan mengawal setiap proses yang saat ini sedang berjalan, sebab pihaknya sangat terbatas dalam hal kewenangan. (Khasmetan)

Baca Juga :  ‘Ayam Kampus’ bertarif Rp 2,5 juta ini 'bikin heboh…' (3)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 3 =