2

Moral-politik.com.  Gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Akibat musibah ini sebanyak 5.286 rumah rusak dan 30 orang luka-luka.

“Berdasarkan pendataan 30 orang luka yaitu 5 luka berat dan 25 orang luka ringan. Kerusakan yang terjadi 5.286 rumah rusak, 3.243 unit rusak ringan, 1.321 unit rusak sedang dan 722 unit rumah rusak berat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (23/6/2013).

Menurut Sutopo, pusat gempa yang terjadi Sabtu (22/6) pukul 12.42 WIB itu berada pada kedalaman 10 km dan berlokasi 14 km barat laut Lombok Barat. Guncangan akibat gempa terasa hingga III-IV MMI di Lombok, II-III MMI di Kuta, Denpasar, Gianyar, dan Karangasem Bali. Kerusakan bangunan terparah terjadi di Kecamatan Tanjung, Kecamatan Gangga, dan Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB.

“Upaya penanganan masih terus dilakukan oleh BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI dan relawan. Pengamanan dikoordinir oleh Polres Lombok Utara. Tenda pengungsi didirikan di 5 titik di 3 Kecamatan,” ujar Sutopo. (sumber: detik.com)

Baca Juga :  Sampah di Pasar Kefamenanu Meresahkan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 2