3

Moral-politik.com. Clinton Foundation, sebuah lembaga non pemerintah  yang berkantor pusat di Amerika Serikat berencana membantu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di bidang pelayanan kesehatan, pengembangan ekonomi dan lingkungan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Staf khusus Clinton Foundation, Ginny Ehrlich, kepada Moral-politik.com usai bertemu dengan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Sabtu (15/6) mengatakan, kerja sama yang akan dilaksanakan mulai tahun 2014 mendatang itu bersifat kemitraan, selain melibatkan pemerintah daerah juga masyarakat setempat.

Menurut Ginny, ia bersama salah seorang staf lainnya Ruby Shang, sudah melakukan kunjungan ke Puskesmas Baumata, Kabupaten Kupang, dan Posyandu di Kelurahan Liliba, Kota Kupang untuk melihat contoh sistem pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang dilakukan pemerintah.

“Kami sangat terkesan dengan sistem pelayanan kesehatan yang diberikan, apalagi tingkat partisipasi masyarakat sangat bagus sehingga memudahkan petugas medik memberikan pelayanan,” katanya.

2

Ginny menjelaskan, di Indonesia, yayasan yang didirikan Mantan Presiden Amerika, Bill Clinton itu, sejak tahun 2012 lalu telah bekerja sama dengan Departemen Kesehatan di Provinsi Papua dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS yang jumlah penderitanya terus meningkat.

Dia menuturkan, kerja sama di Papua itu diwujudnyatakan dengan ikut mendirikan laboratorium kesehatan, pelatihan para dokter dan perawat guna meningkatkan penegetahuan mereka di bidang pelayanan kesehatan masyarakat.

“Tujuan kunjungan kami ke NTT kali ini untuk menginventarisasi berbagai masalah dan mendapat masukan dari pemerintah daerah selain di bidang kesehatan juga di bidang ekonomi dan lingkungan yang akan ditangani Clinton Foundation,” tambahnya.*** (AVI)

Baca Juga :  Prof. Arjana : Pendorong Gerobak Dominasi Kota Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 2 =