banjir benenain

 

Moral-politik.com. Hujan lebat yang melanda beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam tiga hari terkhir ini,telah mengakibatkan dua kabupaten yakni Malaka dan Timor Tengah Selatan (TTS) dilanda banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, Tini Thadeus kepada wartawan di Kupang, Sabtu (22/6) mengatakan, berdasarkan laporan Penjabat Bupati Malaka, Herman Naiulu, ada sembilan desa di Kecamatan Malaka Barat terendam banjir akibat luapan Sungai Benanain.

“Sembilan desa yang terendam banjir itu adalah Desa Lasaen, Fafoe, Umatoos, Rabasa Hain, Sikun, Oan Mane, motaulun, Umalor, dan Moatain, dengan ketinggian air mencapai satu meter,” jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten TTS, lanjutnya, banjir melanda lima desa yang tergenang banjir, yaitu Bena dan Oebelo di Kecamatan Amanuban Selatan, dan tiga desa lainnya di Kecamatan Kualin yang berbatasan dengan Amanuban Selatan, yakni Kiufatu, Toineke dan Tuafanu.

Kata dia,  banjir terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Kamis (19/6) malam akibat meluapnya Sungai Noemuke, menyusul tingginya curah hujan di wilayah tersebut .

Menurutnya, BPBD NTT segera mengirimkan tim ke kedua kabupaten tersebut untuk memantau perkembangan lebih lanjut, karena sampai pagi tadi belum ada laporan resmi dari pemerintah setempat.

“Informasi tentang banjir itu kami peroleh melalui laporan per telepon, sehingga perlu dilakukan pengecekan sebelum mengirim bantuan ke lokasi bencana terutama bantuan permakanan, jika masyarakat setempat sudah mengungsi,” ujarnya.

Khusus di wilayah Malaka, banjir ini merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Timor Tengah Utara (TTU) yang mengalir melalui Sungai Benanain, sehingga menjebol tanggul penahan banjir di Desa Umatoos.

Dia mengatakan, pihaknya kesulitan untuk menyalurkan bantuan ke wilayah Malaka, karena Sebagai kabupaten baru, Malaka belum memiliki satuan kerja perangkat daerah (SKPD) khusus untuk menangani masalah akibat bencana alam. Sedangkan untuk kabupaten TTS tidak ada masalah.

Baca Juga :  Ini Kicauan Baru Nazaruddin ke KPK Soal 12 Proyek

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial NTT untuk mengirimkan bantuan langsung ke lokasi bencana,  baik itu ke TTS maupun ke Malaka untuk membantu meringankan beban masyarakat setempat,” tambahnya.*** (AVI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here