29

Moral-politik.com. Sesuai rencana Pemerintah Pusat untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada pertengahan Juni 2013 dengan memberikan kompensasi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada masyarakat miskin, namun hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan data masyarakat penerima BLSM tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kupang, I Nengah Darma kepada Moral-politik.com di Kupang, Senin (10/06).

Menurut Nengah Darma, hingga saat ini pemerintah belum menyerahkan data berupa kartu penerima BLSM kepada pihaknya selaku penyalur BLSM.

“Hingga saat ini kita belum terima kartu BLSM dari Pemerintah selaku penentu siapa yang berhak menerimanya. Kita tinggal bagi kartunya sesuai nama penerima dan menyalurkan dana sesuai besaran yang telah ditetapkan,” kata Nengah Darma.

Nengah Darma mengatakan, pihaknya juga belum tahu berapa jumlah masyarakat miskin di NTT yang akan menjadi penerima dana BLSM dari pemerintah pusat. Walaupun demikian, pihaknya sudah siap untuk menjalankan tugas sesuai waktu yang ditetapkan.

“Kapanpun waktunya kita siap jalankan sekali pun hingga saat ini kita belum tahu berapa banyak jumlah kepala keluarga yang berhak menerima dana BLSM. Kalau secara nasional katanya untuk 15 juta keluarga miskin, tapi di NTT kita belum tahu berapa jumlah KK yang nanti mendapatkan bantuan ini,” ungkapnya.

Berdasarkan infromasi awal, kata Nengah Darma, Pemerintah akan memberikan BLSM ini dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.150 ribu setiap bulan kepada kepala-kepala keluarga miskin. Dengan kartu BLSM yang dipegang oleh penerima, maka yang bersangkutan bisa mencairkannya dalam bentuk uang setiap bulan sesuai nominal yang  ditetapkan.

Pihaknya juga mengaku belum mendapatkan petunjuk secara langsung terkait penyaluran dana BLSM tersebut, sekali pun telah ditetapkan bahwa penyalurnya adalah PT Pos Indonesia.

Baca Juga :  Peduli Kebijakan Pemkot Kupang Soal Minuman Beralkohol?

“Sudah ditetapkan PT Pos Indonesia yang akan menjadi penyalur, tapi sejauh ini kita belum mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai hal ini,” kata Nengah Darma. (Ale)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + = 17