4

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Pengalaman adalah sebuah catatan sejarah dalam hidup, dan melalui pendekatan budaya bisa menyelesaikan persoalan dalam situasi yang sangat genting maupun darurat. Sebab penyelesaian masalah lebih menonjolkan perilaku budaya sopan dan santun kepada semua pihak.

Hal ini merupakan ulasan sejarah dalam buku yang berjudul ‘Polisi di wilayah konflik’, sebuah judul buku yang dirilis mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol (Purn) Jacky Uly yang menjadi catatan sejarah dalam berkarir pada Institusi Kepolisian, sebagai perwira tinggi yang adalah produk lokal terpercaya di dunia internasional dalam berkarir.

Peluncuran buku pertama tersebut dilakukan di Aula Utama Mapolda NTT, Kamis 27 Juni  2013.

Jacky Uly menyampaikan, buku tersebut dirilis beberapa tahun lalu sejak dirinya melepas jabatan dan pensiun sebagai anggota polisi. Banyak catatan semasa tugas di berbagai negara, baik negara sedang dalam konflik maupun perang.

“Catatan pahit menjabat sebagai Komandan Brimob, mengalami berbagai pengalaman hari demi hari selalu terasa sangat pelan, tembak menembak tak pernah putus, seakan tiada detik tanpa tembakan. Tapi terus maju, walau hanya beberapa meter kedepan rebut dengan pertaruhan nyawa. Serangan baik serangan dengan tembakan senapan maupun mortir dari bukit,” ungkapnya.

Bukan hanya di Timor Leste, tutur Jacky Uly, di berbagai negara lainnya seperti Namibia-Afrika, di Taman Nasional Ethosa yang terkenal dengan kehidupan bebas binatang buas dan diproteksi sehingga menjadi tujuan wisata. Banyak ditemukan suku-suku primitif, seperti Suku Himba, maupun Bushem yang setengah telanjang, yang masih tinggal di rumah akar pohon seperti kisah dalam film God Must be Crazy.

“Sedang di Kamboja, pengalaman sebagai kepala kepolisian yang dipercayai oleh negara dan diutus oleh PBB. Pengalaman selama bertugas, salah satu teman Mayor Pol Henry Askhari kehilangan sebelah kakinya karena terkena ranjau,” tuturnya. (Ale)

Baca Juga :  Chris Rotok: Frenly Jangan Tinggalkan Komitmen Kerakyatan

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here