5

 

Moral-politik.com. Kejakasaan Negeri TTU mendapat sorotan tajam dari sejumlah aktivis LSM di TTU. Mereka dinilai sedang melakukan upaya pembiaran terhadap terpidana korupsi pengadaan drum truck pada Dinas Kimpraswil TTU, Jhon Usboko.

Direktur Lembaga Advokasi Masyarakat Sipil (Lakmas) Kefamenanu, Viktor Manbait melalui pesan singkat menjelaskan, pada Juni 2011 Pengadilan Negeri Kefamenanu telah menjatuhkan fonis terhadap  terdakwa  pengadaan drum truck pada Kimpraswil TTU, Jhon Usboko,  namun tidak dieksekusi oleh Kejaksanaan Negeri Kefamenanu, karena tidak dihadirkan dalam sidang.

Kejari Kefamenanu, Didin Kurniawan, tulis Viktor,  melalui media  mengaku sedang melacak keberadaan terpidana Jhon Usboko di Semarang untuk menjalani  penjara. Hingga saat ini,  kata Viktor,  belum ada kabar berita dari Kejaksaan Kefamenanu terkait keberadaan Jhon Usboko dan sejauhmana pelaksanaan eksekusi tersebut.

Dia menulis, kasus tidak tereksekusinya para terpidana di Kejaksaan Kefamenanu, ternyata bukan baru yang pertama. Tetapi ini merupakan kasus kedua, yakni pernah terjadi pada seorang ibu rumah tangga yang divonis 1 bulan penjarah pada tahun 2000 akibat kelalaian Kejaksaan yang tidak segera melakukan eksekusi pada saat itu.  (amy)

 

Baca Juga :  Terbukti bersalah, Ponkris Saek divonis 1 tahun penjara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 1 =