5

 

Moral-politik.com. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu mengaku terpukau dan jatuh cinta pada tenun ikat NTT. Itu pasalnya, dalam berbagai forum resmi di tingkat pusat,  wanita dengan karir gilang-gemilang itu selalu tampil dengan busana khas yang terbuat dari tenun ikat asal NTT.

Ditemui di Bandara El Tari Kupang, Jumat (28/6), mari yang mengenakan stelan blus  bermotif tenun ikat dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)itu  mengatakan, sudah sejak lama dia  tertarik dengan kain tenun NTT.

Mari bahkan terpesona ketika melihat langsung di hampir semua kabupaten di NTT punya motif  yang berbeda-beda. “Yang menjadi soal, hasil tenunan NTT masih sangat tebal sehingga perlu dimodifikasi lagi dengan tetap mempertahankan keasliannya,” ujar Mari.

Dia juga mengaku salut dengan perhatian yang ditujukan oleh isteri Ketua Fraaksi Golkar DPR RI  Diesty Astriani Novanto yang menggandeng desainer kenamaan Oscar Lawalata untuk memotifasi para penenun di NTT.

“Saya dengan mereka (Diesty dan Oscar,red) menggelar lomba tenun dan mewarnai, semangat itu yang mesti terus didorong untuk memberikan motifasi bagi penenun di NTT,” katanya.

Soal wujud konkrit perhatian dari Menparekraf, Mari mengatakan, pihaknya akan terus  memberikan perhatian bagi kemajuan tenun ikat NTT dengan membantu peralatan yang lebih canggih, sehingga menghasilkan kain yang lebih tipis dan nyaman dipakai.

“Ini kekayaan budaya yang luar biasa, tiap daerah di NTT punya ciri yang beda, dan terus  memberikan perhatian agar anak muda juga bisa tertarik agar tidak muda punah,” ujarnya.***(AVI)

Baca Juga :  "Teganya Messi Lukai Perempuan Suporter Madrid..."

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =