3

 

Moral-politik.com. Rapat Tim Pengawas kasus bailout Bank Century, Rabu 19 Juni 2013, lagi-lagi tak mampu menghadirkan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komisi anti korupsi ini kembali mengirimkan surat penolakan untuk menghadiri rapat kepada timwas Century yang ditujukan untuk Wakil Ketua DPR, Sohibul Iman.

Dalam surat KPK yang beredar, disebutkan bahwa alasan KPK enggan menghadiri rapat Century, adalah karena jangka waktu agenda rapat yang terlalu dekat dengan agenda rapat sebelumnya yang berlangsung pada 5 Juni 2013. Alasan kedua, KPK tak mau menyampaikan hasil penyelidikan kepada siapapun, termasuk timwas Century.

Alasan itulah, yang disampaikan Wakil Ketua KPK, Zulkarnain dalam suratnya.

Menanggapi surat ini, Sohibul mengatakan, KPK dua minggu lalu memang sudah menyatakan bahwa ada hal-hal yang tidak bisa disampaikan dalam rapat terbuka kepada publik. Apalagi ini terkait penyelidikan kasus.

“Karena itu kita rapat tertutup. Tapi kita tahu teknik penyidikan yang tidak mungkin dibuka. Karena itu kita dengarkan dari KPK apa prosesnya, ini kan proses pengawasan,” kata Sohibul.

Meski begitu, Sohibul mengaku menghargai sikap KPK. “Kalau KPK bilang diungkap ya tidak apa-apa, kami serahkan ke KPK,” tuturnya.

Berikut kutipan lengkap surat KPK yang ditujukan kepada Sohibul Iman.

NO : B-1537/01/06/2013

tanggal 18 juni 2013

Perihal : undangan rapat

Sehubungan dengan surat wakil ketua DPR RI no PW/06642/DPRRI/VI/2013 tanggal 12 Juni 2013 perihal undangan rapat tertutup dalam rangka membicarakan progress report penanganan kasus Bank Century tanggal 19 Juni 2013, kami sampaikan bahwa kami tidak dapat menghadiri undangan dimaksud dengan alasan sebagai berikut:

1. Jangka waktu agenda rapat terlalu singkat dengan agenda rapat sebelumnya yang baru diselenggarakan tanggal 5 Juni 2013, oleh karenanya kami mohon tenggang waktu yang lebih panjang untuk dapat menghadiri undangan dari Pimpinan DPR RI

Baca Juga :  Ende: Partai Demokrat Belum Tetapkan Cabup-Cawabup

2. Hasil penyidikan tidak dapat disampaikan selain ke pengadilan.

Apabila ada informasi yang berkaitan dengan kasus Bank Century, kami siap menerima dan menindaklanjutinya. Demikian disampaikan dan terimakasih atas perhatian Pimpinan DPR RI

Tertanda tangan dan stempel,

Wakil Ketua KPK Zulkarnain.

Tembusan,

Pimpinan KPK

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 57 = 59