11

Moral-politik.com. Komisi Pemiihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara hingga hari ini Rabu (5/6) belum melaksanakan pleno penetapan Daftar Calon Legislatif Sementara. Padahal sesuai jadwalnya, penetapan Daftar Caleg  Sementara  sudah 6 hari yang lalu, yakni 30 Mei-12 Juni.

“Ya, sampai hari ini kita belum lakukan penetapan DCS. Tapi kan waktunya masih ada berapa hari lagi yakni sampai tanggal 12 Juni,“ ungkap anggota KPU TTU, Fidelis Olin.

Olin yang ditemui di ruang kerjanya pagi tadi menjelaskan, rencana pleno penetapan DCS baru akan dilakukan KPU TTU pada tanggal 11 atau 12 Juni,” ungkapnya.

“Ya, kita akan umunkan DCS melalui media masa yang ada, dan di papan informasi KPU TTU,” tegasnya.

Sementara itu berkaitan dengan hasil verifikasi administrasi pasca masa perbaikan 9-22 Mei lalu, Olin menegaskan, semua hasil verifikasi administrasi sudah selesai. “Kita tinggal menunggu waktu pleno penetapan untuk kemudian diumumkan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dijelaskan, tujuan pengumuan DCS ini dilakukan untuk mendapatkan berbagai tanggapan dari masyarakat terhadap para calon yang ada dalam daftar tersebut.

“Jadi, kalau ada penyampaian atau tanggapan dari masyarakat, kita akan minta klarifikasi dari pimpinan partai, kalau masukan itu benar maka yang bersangkutan bisa saja tidak ditetapkan dalam daftar tetap. Tapi masukan masyarakat itu terkait syarat caleg, misalnya ijazah palsu, dipenjara di atas 5 tahun, merangkap keanggotaannya di partai tertentu, dan sebagainya,” ungkapnya.  (amy)

 

 

Baca Juga :  Pelayanan terganggu, DPRD desak Pemkot Kupang lakukan mutasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 1 =