foto: republika.co.id

 

MORAL-POLITIK.COM – Sail Komodo baru akan dimulai Juli nanti. Namun saat ini sudah ada 12 perahu layar yang merapat di Pantai Kupang.

Pantai itu disiapkan sebagai tempat acara pelepasan peserta Sail Komodo. Kendati demikian, panitia daerah Sail Komodo belum bisa memastikan apakah 12 perahu layar itu akan menjadi peserta Sail Komodo.

Kepala Bagian Humas Dinas Kominfo NTT Wely Pah yang juga Panitia Daerah Sail Komodo 2013, mengaku belum bisa memastikan apakah mereka para turis dengan perahu layar itu merupakan peserta Sail Komodo atau bukan.

“Kalau melihat tenggang waktu pembukaan Sail Komodo pada bulan depan, bisa saja mereka merupakan peserta Sail Komodo. Nanti kami cek,” tandas  Wely Pah.

Menurut Wely pah,  kalaupun 12 perahu layar itu  bukan peserta Sail Komodo, yang pasti mereka adalah para turis yang sedang dalam pelayaran dan menyinggahi Kupang untuk beristirahat ataupun membeli perbekalan.

“Itulah keunikan daerah kita. Ketika bulan Juli akan terjadi perubahan musim dan menyebabkan terjadi perubahan arah angin, sehingga para pencinta wisata bahari akan melakukan pelayaran dari Australia ke Indonesia,” kata Wely.

Menurut Wely Pah, dengan perubahan arah angin itu, para wisatawan yang menggunakan perahu layar bisa menghemat bahan bakar dalam pelayaran wisata mereka di Kepulauan Indonesia. Dari pantauan KBRN di pantai Kupang, 12 perahu layar yang berlabuh memiliki panjang yang bervariasi mulai dari 7 sampai 14 meter.

 

 

Penulis : Sil Sega

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga :  Adrianus Talli: Pemkot Kupang peduli Andalalin Tempat Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 3 =