4

 

Moral-politik.com. Pimpinan MPR akan menyurati Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada waktu dekat, untuk mengajukan nama calon pengganti almarhum Taufiq Kiemas (TK) sebagai Ketua MPR.

“Fraksi dan kelompok anggota MPR meminta fraksi PDIP untuk dengan semangat kebersamaan dan konsensus mengusulkan nama calon bersama anggota dan pimpinan parpol, agar calon pengganti Taufiq Kiemas mendapatkan legitimasi tinggi dan dukungan luas,” kata Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y. Thohari, Selasa (18/6).

Hal itu diungkapkan Hajriyanto usai menggelar rapat tertutup dengan pimpinan MPR dan ketua fraksi di DPR, membahas calon pengganti TK di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta.

Menurut Hajriyanto, Fraksi PDIP di DPR memiliki waktu sisa dua minggu untuk mengajukan nama calon pengganti TK. Waktu tersebut didasarkan pada aturan tata tertib MPR yang memberi batas waktu pergantian ketua selama 30 hari, dan mulai terhitung sejak TK meninggal dunia (8/6).

Kalau Fraksi PDIP tidak menggunakan hak politiknya, lanjut Hajriyanto, maka posisi Ketua MPR selanjutnya akan bahas dalam rapat yang melibatkan seluruh pimpinan DPR ditambah ketua fraksi, dan ditetapkan dalam paripurna DPR.

Saat ini, roda kerja Ketua MPR dilakukan melalui mekanisme pelaksana tugas (plt) bersifat kolektif kolegial.

“Dalam undang-undang, apabila terjadi kekosongan, maka pimpinan yang tersisa akan dilakukan pelaksana tugas, tidak ada klausul satu orang,” lanjut Hajriyanto.

Sumber: merdeka.com

 

Baca Juga :  Fakta Baru, Wartawati Korban Pemerkosaan Mengaku Ditekan Penyidik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 6