ft mezak toy

Moral-politik.com. Para Pemandu Wisata (Guide) yang tergabung Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan siap mensukseskan kegiatan Sail Komodo.

“Dalam kegiatan Sail Komodo ini, HPI sudah bertekad mendukung sepenuhnya,” kata Ketua HPI NTT, Mesakh Toy kepada Moral-politik.com di Kupang, Rabu (19/06).

Para Guide, kata Mesakh Toy merupakan mitra pemerintah dalam memberikan berbagai informasi serta memperkenalkan berbagai potensi wisata kepada wisatawan asing. Untuk itu, seorang guide harus menguasai berbagai infromasi yang ada dan sementara berkembang di suatu daerah dan Indonesia pada umumnya.

“Karena perannya memberikan informasi maka seorang guide harus tahu informasi yang benar,” ungkapnya.

Menurut Mesakh Toy, seorang guide harus memberikan pelayanan yang baik, kepada tourist atau wisatawan, sehingga wisatawan merasa nyaman dan mendapatkan informasi yang lebih akurat. Lebih dari itu, dia meminta pemandu wisata atau pramuwisata untuk selalu belajar serta menjalani pelatihan pramuwisata agar benar-benar menjadi guide yang utuh.

Mesakh Toy mengemukakan tidak mudah menjadi guide, sebab guide harus mengetahui seluruh daerah wisata, bahasa dan berbagai informasi lain. Karena itu, selama ini dirinya mendorong agar pemandu berasal dari daerah wisata masing-masing.

“Guide harus anak asli sekitar daerah wisata, dan itu terus kita dorong,” katanya. (Ale)

 

Baca Juga :  Dinkes Kupang Buka Posko Kesehatan di Lokasi Pembukaan Sail Komodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here