DCIM100MEDIA

Moral-politik.com. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten TTU akhirnya  mencoret 3 calon legislatif yang diajukan para partai peserta pemilu legislatif 9 April 2014, karena tidak memenuhi syarat pencalonan.

Tiga calon  yang dicoret 2 diantaranya dari daerah pemilihan TTU-1 dan 1 caleg dari daerah Pemilihan TTU 4. Dua caleg yang dicoret di Dapil 1 yakni  1 orang dari Partai Amanat Nasional atasnama Petronela Duli dan 1 orang dari Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) atas nama Adrias S. Funan. Sedangkan caleg yang dicoret di dapil 4 dari partai Bulan Bintang atasnama Fabianus Kehi.

Devisi Pencalonan KPU TTU, Isfridus Lamur usai pleno terbuka penetapan calon menjelaskan, pencoretan terhadap ketiga calon legislatif tersebut, karena ketiga-tiga calon tidak memenuhi syarat pencalonan yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

Dijelaskan, caleg PAN atas nama Petronela Duli  dicoret karena yang bersangkutan belum memenuhi syarat pendidikan. Sedangkan Caleg PPP atas nama Andrianus S. Funan dicoret karena tidak menenuhi ketentunan quota perempuan. “Dari 4 orang yang  diajukan  PPP di Dapil 1 ini, hanya 1 orang perempuan, maka  1 orang tidak memenuhi syarat pencalonan, jadi 1 orang harus dicoret,”  ungkapnya.

Sementara Fabianus Kehi yang diajukan oleh Partai Bulan Bintang pada Dapil IV,  karena yang bersangkutan pada masa perbaikan administrasi tidak memasukan Surat Keterangan dari instansi yang berwenang bahwa telah memasukan permohonan pengunduran diri dari jabatan kades dan sedang dilakukan proses pergantian. Pasalnya, yang bersangkutan saat ini adalah Kepala Desa Naku, Kecamatan Biboki Feotelu.

Dengan pencoretan terhadap tiga nama tersebut maka jumlah caleg yang masuk DCS menjadi berkurang. Total caleg yang diajukan pada masa pendaftaran sebanyak 328 orang. Dua orang digugurkan saat tahapan verifikasi awal, dan 3 pada pleno penetapan DCS.  (amy)

Baca Juga :  Kepala BKD Belu: System Seleksi IPDN Diperketat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

46 − = 45