1

Moral-politik.com. Kepolisian RI mengajukan anggaran sebesar Rp 3,59 triliun untuk pengamanan pemilu 2014. Besaran angka itu disampaikan dalam rapat dengan Komisi III DPR, di Jakarta, Selasa (4/6), oleh Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Secara umum, jelas Kapolri, anggaran pengamanan pemilu itu masuk ke dalam Pagu indikatif pada 2014 yang totalnya sebesar Rp 39,16 triliun. Sebanyak 80 persen dari anggaran itu akan digunakan untuk belanja pegawai, yakni membayar gaji dan karyawan honorer.

“Tentu kita harapkan nanti agar ada dana untuk penanganan pemilu dan melengkapi sarana dan prasarana,” kata Timur.

Asrena Polri Irjen Sulistyo Ishak menjelaskan bahwa anggaran itu dibutuhkan karena situasi keamanan makin kompleks menjelang pemilu 2014.

Untuk bisa melaksanakan proses pengamanan pemilu yang ideal, pihaknya membutuhkan dana sebesar Rp 3 triliun lebih itu. Hal itu mengantisipasi penambahan TPS di seluruh Indonesia yang harus dijaga aparat keamanan.

“Itupun dengan catatan pemilu presidennya cuma satu ronde saja. Kalau lebih dari satu putaran, bisa tambah juga nanti anggarannya,” ujarnya.

Dengan dana itu, Kepolisian juga akan menggunakannya untuk mengantisipasi konflik komunal dan unjuk rasa anarkis pada periode 2014 nanti.

Sumber : beritasatu.com

Baca Juga :  Rp15 Miliar Dana Hibah Disalurkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here