pangalingan

 

Moral-politik.com. Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah menyelesaikan pembangunan dan pembenahan sarana air bersih di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, menjelang pelaksanaan Sail Komodo 2013.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum NTT, Fransiskus Pangalingan kepada wartawan di Kupang, Minggu (30/6) mengatakan, pekerjaan terakhir yang akan diselesaikan adalah pipa distribusi yang sudah dikerjakan oileh rekanan.

Menurut Pangalingan, untuk mendukung pasokan air bersih di Kota Labuan Bajo, telah pula diujicoba distribusi air dari Sungai Waemese dengan debit 40 liter per detik ke beberapa reservoir, yang dibangun untuk memperlancar penyaluran air ke hotel-hotel,sarana dan prasarana umum serta pemukiman penduduk.

“Kami optimistis, sebelum hari puncak Sail Komodo jaringan distribusi sudah bisa dituntaskan,sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Labuan Bajo,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk pembangunan dan pembenahan sarana air bersih di Kota Labuan Bajo, didukung penuh oleh Pemerintah Pusat dengan dana Rp 38 miliar serta dana dukungan dari Pemerintah Provinsi NTT sebesar Rp 700 juta.

Selain pembangunan dan pembenahan sarana dan prasarana air bersih, kata Pangalingan, pemerintah pusat juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk penataan Kampung Tenga, yang dijadikan sebagai lokasi puncak acara Sail Komodo.

“Pembenahan Kampung Tenga sudah mulai dilaksanakan dan diperkirakan akan selesai pada Bulan Agustus 2013 mendatang,” tambahnya.***(AVI)

Baca Juga :  Jonas Salean: PLN Bisa Pindahkan Warga Secara Paksa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 40 = 50