Riau: 4 September, 5 Paket Calon Gubernur Rebut Kemenangan | www.moral-politik.com

Riau: 4 September, 5 Paket Calon Gubernur Rebut Kemenangan

13

 

Moral-politik.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan, sebanyak lima pasangan calon gubernur (cagub) – calon wakil gubernur (cawagub), bersaing di pemilihan gubernur (pilgub) Riau yang dijadwalkan 4 September 2013.

“Dari tujuh pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau yang mendaftar di KPU Riau, akhirnya hanya lima yang dinyatakan lolos verifikasi untuk maju ke pilgub,” ujar Ketua KPU Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, Minggu (30/6).

Kelima pasangan yang lolos verifikasi itu, lanjut dia, Herman Abdullah-Agus Widayat yang diusung sejumlah partai parlemen dan nonparlemen, kemudian Annas Ma’amun-Arsyadjuliandi Rahman yang diusung Partai Golkar.

Lalu pasangan Achmad-Masrul yang diusung Partai Demokrat dan Partai Bintang Reformasi, Jon Erizal-Mambang Mit diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejatera. Selanjutnya, pasangan Lukman Edi-Suryadi Khusaini, diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sedangkan dua pasang lagi yakni Indra Mukhlis Adnan-Aziz Zainal yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan dan 26 partai nonparlemen, serta Tengku Mukhtaruddin- Syamsurizal dari partai non parlemen dinyatakan tidak lolos.

“Kedua pasangan ini tidak lolos, karena tidak memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku dan berdasarkan hasil rapat pleno komisioner KPU Riau,” jelas Edy.

Anggota Komisioner KPU, Asmuny Hasmi menjelaskan, kelima pasangan tersebut telah memenuhi syarat administrasi dan dukungan yakni sebanyak 314.007 suara atau sembilan kursi di parlemen Riau.

Pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat memenuhi syarat dengan memperoleh 390.957 suara dari 10 partai politik pendukung hasil pemilu 2009, kemudian Annas Ma’amun-Arsyadjuliandi Rahman meraih dukungan 15 kursi.

Achmad-Masrul meraih dukungan dengan 10 kursi, Jon Erizal-Mambang Mit meraih dukungan 10 kursi dan Lukman Edi-Suryadi Khusaini meraih dukungan 10 kursi.

“Untuk pasangan Indra Mukhlis Adnan-Aziz Zainal hanya memperoleh 183.810 suara, sedangkan Tengku Mukhtaruddin-Syamsurizal hanya 145.890 suara. Padahal syarat minimal 314.007 suara,” katanya. (sumber: beritasatu.com)

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login