8

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rote Ndao mendesak Pemkab Rote Ndao melalui Dinas Pekerjaan Umum agar bertanggungjawab terhadap kerusakan embung Aedaelain. Sebab  sesuai pantauan dewan, di lokasi itu kerusakan yang terjadi cukup memprihatinkan.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao,  saat ditemui, Selasa (18/6).

Menurutnya, embung tersebut baru selesai dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Rote Ndao TA.2012 lalu.

“Embung ini baru dikerjakan pada TA.2012 lalu, namun salurannya sudah tidak berfungsi. Dinas PU harus bertangung jawab!” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah warga asal Desa Serubeba yang ditemui RND sebelumnya keluhkan kerusakan embung itu.

Menurut warga, embung yang dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Rote Ndao TA.2012 tersebut, saat ini tidak dapat difungsikan.

Akibat kerusakan, produksi pertanian tahun ini dipastikan alami gagal panen. Bahkan menurut warga, sejak kerusakan itu terjadi, lahan pertanian yang menggunakan sumber air dari embung itu alami kekeringan.

“Tahun ini kami pasti gagal panen!” kata salah satu warga di desa tersebut.

Menghindari terjadinya dampak yang buruk terhadap produksi pertanian di tahun-tahun berikutnya, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Dinas Pekerjaan Umum didesak segera perbaiki embung itu.

Terhadap persoalan itu, Kepala Desa Serubeba, Eben Manafe yang dihubungi terpisah membenarkan kerusakan yang terjadi pada embung itu.

Menurut Eben, kerusakan itu bermula dari terjadinya penyumbatan pada salah satu saluran. Persoalan itu kemudian merembet hingga ke lokasi embung.

“Sampai dengan saat ini, embungnya sudah tidak berfungsi lagi. Kami bersama warga sudah mengupayakan untuk memperbaikinya, tetapi tetap tidak bisa,” katanya.

Baca Juga :  Sarah Lery Mboeik: Budaya Membentuk Pola Perilaku Ibu Rumah Tangga

Untuk itu Pemkab Rote Ndao diharapkan pihaknya segera memperbaiki kerusakan itu.

“Kerusakan ini terjadi karena kualitas kerja yang tidak bermutu dan mungkin juga pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai spesifikasi teknis. Kami harapkan agar segera diperbaiki!” tandasnya. (lima)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here