logo MP yg bulat

Moral-politik.com. Pelaksanaan pengerjaan Jembatan Leanak, yang terletak di Dusun Namodale, Desa Dolasi, Kecamatan Rote Barat Daya (RBD), Kabupaten Rote Ndao diduga dilakukan asal jadi.

Betapa tidak, pekerjaan jembatan yang dibiayai dengan menggunakan anggaran sebesar Rp250 juta dari proyek PNPM Mandiri tahun 2011lalu, saat ini alami kerusakan yang cukup serius, bahkan terancam tidak dapat digunakan.

Parahnya lagi, jembatan yang berukuran panjang 10 meter dan lebar empat meter tersebut mengalami kerusakan sebelum dilakukan serah terima.

Informasi yang berhasil dihimpun Moral-politik.com, kerusakan jembatan tersebut setelah dihantam banjir beberapa waktu lalu. Sejumlah warga menduga, jembatan tersebut rubuh disebabkan pondasi dasar jembatan tidak digali.

Selain itu warga lain mengungkapkan, saat dilaksanakan pengerjaan, campuran semen yang digunakan berada di bawah standar, selain itu saluran air sangat sempit. Hal itu menyebabkan saat musim penghujan, endapan sedimentasi maupun kotoran menumpuk di lokasi jembatan.

“Pekerjaan yang dilaksanakan tidak memenuhi spesifikasi dan rakyat yang dirugikan,” ungkap warga yang meminta namanya tidak diberitakan.

Anggaran yang digunakan untuk pengerjaan jembatan tersebut, lanjutnya, dikelola langsung oleh TPK Desa Dolasik. Kerusakan tersebut, kata dia, diduga kuat akibat pengerjaan yang tidak sesuai perencanaan.

“Jembatan ini dibangun tahun 2011, dengan kerusakan ini jelas menyebabkan fungsi jembatan tidak memberikan asas manfaat. Dengan demikian proyek ini hanya menghambur-hamburkan uang rakyat,” katanya.

Pada hal, kata dia, jembatan tersebut menghubungkan sejumlah lokasi di wilayah tersebut, yakni antara Kota Kecamatan Batutua dengan Desa Dolasi.

Dia menambahkan, sebelum pelaksanaan pengerjaan jembatan tersebut, warga di lokasi tersebut sempat menolakanya. Namun saat itu, Fasilitator Teknik Kecamatan Rote Barat Daya (RBD), Dance Ndolu memaksakan pembangunan jembatan tersebut. (lima)

Baca Juga :  Nike Mitak: Target 15 Persen Perempuan NTT Jadi Anggota Legislitif

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

48 − 45 =