32

Moral-politik.com. Warga di Kabupaten Rote Ndao saat ini seluruhnya terlayani kesehatan gratis melalui program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang dikeluarkan Pemerintah, dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dibiayai Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Rote Ndao.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, yang dihubungi pertelepon, Minggu (16/6).

Dia mengatakan, warga yang mendapatkan kartu Jamkesda dan Jamkesmas mendapat subsidi saat merawat di Rumah Sakit Umum Daerah Ba.

“ Pasien yang gunakan Jamkesda maupun Jamkesmas saat menjalani perawatan di RSUD, mereka mendapat subsidi pengurangan biaya,” katanya.

Sementara itu, lanjut dia, masyarakat yang menjalani perawatan di tingkat Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu dilayani secara gratis.

“ Masyarakat yang berobat ke Puskesmas maupun Pustu tidak dikenakan biaya. Termasuk pasien yang menjalani rawat inap di Puskesmas,”katanya.

Sementara disinggung soal besaran anggaran, dia mengatakan, khusus untuk Jamkesmas senilai Rp1,4 miliar.

“Anggaran untuk Jamkesmas senilai Rp1,4 miliar. Sementara Jamkesda, saya juga tidak tahu besarnya berapa,”ujarnya.

Namun demikian, lanjut dia, hampir seluruh warga di Kabupaten Rote Ndao yang belum menerima Jamkesmas mendapat kartu Jamkesda. ( lima)

Baca Juga :  Tersangka Video Porno, Wabup Bogor Belum Ditahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 32 = 36