5

 

Moral-politik.com. Mencegah terjadinya pemadaman listrik akibat gangguan pada jaringan listrik milik PT.PLN, warga dihimbau menebang pohon yang ada di sekitar jaringan listrik, terutama yang merambat hingga ke jaringan.

Himbauan itu disampaikan Kepala PT. PLN Rote Ndao, Ruben Mira saat dihubungi Moral-politik.com, Selasa (25/6) siang.

“Pemadaman yang terjadi selama ini umumnya disebabkan karena gangguan pada jaringan kami. Terutama dahan pohon yang merambat ke jaringan milik kami,” katanya.

Menurut dia, pemadaman yang terjadi di wilayah Kabupaten Rote Ndao bukan karena disengajakan, juga bukan disebabkan karena penggunaan mesin yang tidak maksimal. Sebab menurutnya, persoalan itu disebabkan karena terjadi gangguan pada jaringan.

Gangguan jaringan yang menyebabkan terjadinya pemadaman secara berturut-turut tersebut, kata dia, disebabkan karena terdapat sejumlah lokasi yang dilewati jaringan.

“Gangguan pada jaringan milik kami terjadi pada sejumlah lokasi seperti di Busalangga dan di Rote bagian timur. Sehingga kami mengharapkan adanya partisipasi dari warga untuk menebang pohon yang ada di sekitar jaringan,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya siap membantu warga saat melakukan pembersihan pohon maupun dahan pohon milik warga di sekitar jaringan.

“Saat pembersihan pohon maupun dahan yang ada di sekitar jaringan, kami siap bantu untuk keselamatan warga saat dilakukan pembersihan,” katanya.

Selain disebabkan karena dahan pohon yang merambat, lanjut dia, pemadaman yang terjadi juga disebabkan karena kelelawar yang tertambat pada jaringan.

1

“Yang pastinya gangguan ini terjadi bukan karena disengajakan tetapi ada gangguan yang disebabkan baik pohon maupun burung-burung yang tertambat pada jaringan,” ujarnya.

Dari sisi teknis ketersediaan daya, tambah dia, kapasitas mesin yang dimiliki pihaknya mencukupi untuk pelayanan kelistrikan kepada warga.

“Daya yang kami miliki saat ini masih mencukupi untuk pelayanan kelistrikan kepada warga. Pemadaman juga disebabkan karena keterlambatan pasokan BBM dari Kupang, tetapi itu jarang terjadi. Sebab kami sudah mengantisipasinya sebelum memasuki cuaca buruk seperti yang terjadi saat ini,” katanya.(lima)

Baca Juga :  Dua Kelurahan Masuki Pengguliran Dana PEM Tahap Ketiga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 5 =