14

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Sebanyak lima kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Rote Ndao memiliki potensi kandungan batu mangan dalam jumlah yang sangat besar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Rote Ndao, Ir.Untung Harjito yang dihubungi wartawan, Sabtu (29/6).

Sesuai hasil penelitian dan pemantauan, yang memiliki kandungan batu mangan tersebut diantaranya terdapat di Kecamatan Pantai Baru, Rote Barat Daya, Rote Tengah, dan Rote Timur.

“Potensi mangan pada lima kecamatan ini sangat besar,” katanya.

Meski lima kecamatan tersebut miliki potensi kandungan batu mangan, kata Untung, namun hingga saat ini belum ada investor yang melirik untuk memanfaatkan potensi pertambangan tersebut.

“Sampai dengan saat ini belum ada eksplorasi  karena masih pada taraf pengurusan ijin kuasa penambangan. Jadi belum ada investasi yang berkaitan dengan penambangan,”ujarnya.

Sebelum ada ativitas penambangan lanjut Untung, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan regulasi yang mengatur tentang aktivitas penambangan khususnya yang berkaitan dengan keseimbangan lingkungan.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lingkungan sehingga kedepannya pemilik lokasi tambang wajib melakukan reklamasi terhadap areal yang digunakan untuk aktivitas penambangan.

“Reklamasi tersebut berupa pemerataan kembali areal yang sudah digali. Sehingga seluruh pemilik lokasi tambang wajib memberikan jaminan kepada pemerintah soal pelaksanaan reklamasi,” terangnya. (lima)

 

 

 

 

Baca Juga :  Tiga Orang Tewas dalam Bentrok Antarpendukung Cabup Sumba Barat Daya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here