50

 

Moral-politik.com. Sejumlah warga di RT.14, Dusun Toundau, Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain keluhkan sistem penyaluran beras raskin di kelurahan tersebut. Pasalnya pneyaluran raskin di kelurahan itu dilakukan tak adil.

Endy Soi, salah seorang warga RT.14 Toundao kepada wartawan di kediamannya, Selasa (25/6) mengaku janggal dengan sistem penyaluran raskin.

“Ada warga yang dulunya tercatat sebagai penerima raskin tetapi sekarang sudah tidak lagi. Selain itu, ada warga yang semestinya tidak terkategori miskin tetapi terima raskin,” keluhnya.

Sesuai informasi yang diperoleh pihaknya, ungkap dia, tercatat kurang lebih 15 kepala keluarga di wilayah tersebut yang dulunya mendapat raskin, namun saat ini tak lagi mendapatkan raskin.

“Kami merasa aneh ada warga yang semestinya perlu mendapat raskin tetapi justru tidak dapat,” ungkapnya.

Kepada wartawan pihaknya merasa kesal dengan Pemkab Rote Ndao melalui Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Rote Ndao, yang terkesan tebang pilih saat lakukan pendataan penerima raskin.

“Pembagian raskin di sini sangat menyimpang dan ini karena kesalahan pemerintah, yang tidak mendata secara baik. Yang jelasnya, pembagian raskin di sini tidak tepat sasaran!” tandasnya.

Selain itu, pihaknya sesalkan ulah ketua RT.14 yang terkesan tertutup saat menyalurkan raskin ke warga. Hal itu, kata dia, meyulitkan pihaknya untuk mempertanyakan alasan jumlah penerima raskin dikurangi.

“Penyaluran Raskin di sini sepertinya tidak transparan. Pembagiannya juga tidak adil, contohnya keluarga Luther Talli dan Keluarga Marthen Seubelan dimana dua keluarga ini terbilang sangat miskin, bahkan sebelumnya mereka selalu tercatat sebagai penerima raskin, tetapi saat ini mereka sudah tidak lagi tercatat sebagai penerima raskin,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, penyaluran raskin di wilayah itu terkesan berbau politis. Sebab warga yang disinyalir tidak mendukung kandidat tertentu dipastikan tidak terima raskin.

Baca Juga :  Ginny Ehrlic : Tahun 2014 Clinton Foundation Bantu NTT

“Yang kami lihat, siapa yang tidak mempunyai kedekatakan dengan Ketua RT atau bukan terkategori pendukung Paket Lentera, maka namanya dihapus dari daftar penerima Raskin, ” ungkapnya. (lima)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + = 18