Dokter Dery bersama Jurnalis TTU

 

Moral-politik.com. Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu yang sejak didirikan tahun 1957 bertipe D hingga kini menjadi sebuah keprihatinan tersendiri bagi  pihak management.

Direktur RSUD Kefa,  Zakarias Dery Fernandes yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/6) mengakui, adanya upaya peningkatan status rumah sakit yang dipimpinnya ini dari tipe D ke tipe C.

Dia menjelaskan, untuk menjadi RSUD yang betipe C, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah dukungan dokter specialis minimal 5 dokter specialis yakni spesialis bedah, sepesialis penyakit dalam, spesialis kebidanan, spesialis anak.

“Nah yang kita punya saat ini ada  2 dokter specialis yang tetap yakni specialis anak dan specialis penyakit dalam, sedangkan yang lainnya akan kita upayakan untuk kita penuhi,”  ungkap dokter Dery Fernandes.

Dijelaskan, dari sisi anggaran sudah ada persetujuan dari DPRD TTU dalam menunjang perubahan status ini. “Untuk insentif  para dokter specialis sebanyak Rp 15 juta per orang per bulan, selain itu juga ada anggaran untuk peningkatan peralatan medis. Salah satunya adalah peralatan refigirator (bank darah) yang kapasitas penampunganya dari 100-200 kantong, sehingga kebutuhan darah dapat terpenuhi dengan baik, ” ungkapnya.

Selain itu juga, ada perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan termasuk perbaikan tempat tidur pasien di klas 3. “Sanpai saat ini ada 50 tempat tidur pada kals 3 yang terbuat dari kayu, yang sudah tidak layak lagi. Ini semua kita akan ganti,” ungkapnya.

Menurut  dia,  dengan kenaikan status maka akan terjadi peningkatan pelayanan bagi masyarakat. “Dengan 5 dokter specialis  maka otomatis pasien tidak lagi membutuhkan rujukan ke Kupang, karena di sini juga ada specialis,” ungkapnya. (amy)

Baca Juga :  TTU: 152 Ribu Warga Gunakan Hak Pilih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here