4

Moral-politik.com. Rektor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kupang, Samuel Haning mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), perlu adanya peran serta semua pihak. Bukan hanya pemerintah, guru, orang tua maupun anak didik, tapi juga lembaga Perguruan Tinggi (PT).

Menurut Samuel Haning, hal yang sangat penting diperhatikan dalam peningkatan mutu pendidikan di NTT adalah proses yang dilakukan pada sebuah lembaga pendidikan, mulai dari penerimaan peserta didik, keberlangsungan proses belajar mengajar, hingga proses akhir yang dilakukan. Sebab, semuanya bermuara pada mutu pendidikan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan tersebut, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga PT.

“Kualitas guru juga memegang peran penting, yang mempengaruhi mutu pendidikan di suatu daerah. Sebab mereka merupakan ujung tombak dalam mendidik seseorang untuk menjadi manusia handal, dan menguasai berbagai ilmu, sesuai bidang tugasnya masing-masing,” ujar Samuel Haning kepada Moral-politik.com di Kupang, Selasa (11/06).

Disamping itu, lanjut Samuel Haning, tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana pendukung atau infrastruktur.

“Tanpa kedua hal ini, maka menjadi hal yang sulit untuk memperbaiki mutu pendidikan yang ada,” ungkapnya. (Ale)

 

Baca Juga :  Bencana Benanain : Evakuasi Masyarakat di Tiga Desa Belum Dilakukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 47 = 57