Ilustrasi Daging Sapi

Moral-politik.com. Harga daging sapi dan ayam kembali turun setelah sempat naik dan bertahan di harga Rp 70 ribu per kilo gram. Awal pekan ini, harga daging sapi sudah mengalami penurunan menjadi Rp. 65 ribu per kilogram. Penurunan harga ini terjadi karena sepi pembeli.

Selain harga daging sapi yang mengalami penurunan, harga ayam broiler juga mengalami penurunan dari Rp 40 ribu per ekor, menjadi Rp 35 ribu per ekor.

Demikian pantauan Moral-politik.com, Selasa (11/06) di pasar tradisional Kota Kupang.

Daigos Ndun, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Kasih Naikoten Kupang mengatakan, sepinya pembeli menjadi pertimbangan para penjual daging sapi untuk menurunkan harga agar menarik minat pembeli.

“Harga daging sapi sejak awal Desember 2012 lalu Rp 70 perkilo gram, dan bertahan hingga awal bulan ini. Memasuki bulan Januari tahun ini, kita sudah mulai sepi pembeli, dan kita bertahan karena kita pikir orang baru hari raya. Namun setelah kita melihat perkembangan selama empat bulan, tapi tidak ada perubahan, sehingga kita sepakat untuk menurunkan harga,” kata Daigos.

Hal senada diakui Yanti, salah satu penjual daging ayam di Pasar Oeba, yang mengaku pembeli daging ayam untuk satu bulan terakhir sangat sepi. Hal itu yang membuat harga daging ayam turun.

“Biasanya kita jual sampai jam 9 pagi sudah habis, tapi sekarang kita bisa sampai sore tapi ayam belum bisa habis. Apalagi sekarang ikan lagi banyak, sehingga orang lebih memilih ikan dengan alasan lebih murah.

Kalaupun ada yang datang beli itu karena ada hajatan saja. Kalau untuk langganan, kita sudah potong sendiri karena mereka ambil tiap hari dalam jumlah yang sama,” jelas Yanti.

Baca Juga :  Pemkab Rote Ndao Jarang Membimbing Penenun

Para pedagang bahkan memprediksi harga daging akan bertambah sepi, dengan naiknya harga dasar listrik, serta rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

“Sekarang listrik naik dan katanya BBM mau naik lagi. Kami prediksi akan tambah sepi nanti penjualan daging,” ungkap Yanti. (Ale)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 18 = 21