1

 

Moral-politik.com. Berdasarkan data yang diperoleh KPA NTT, hingga saat ini jumlah pengidap HIV/AIDS di NTT sebanyak 2.351 kasus, dengan rincian HIV sebanyak 1.366, Aids sebanyak  985 kasus. Dari total penderita HIV/AIDS itu, yang meninggal dunia tercatat sebanyak 493.

Dari data tersebut, mayoritas masyarakat NTT takut bersahabat dengan para pengidap HIV/AIDS dan keluarganya.

Padahal para penderita HIV/AIDS adalah bagian dari masyarakat, karena itu mereka jangan “dimusuhi”, dengan sikap menjauhi mereka. Mereka butuh pertolongan dan kasih sayang seperti masyarakat lainnya.

Penegasan itu disampaikan anggota Komisi Penanggulangan HIV-AIDS Nusa Tenggara Timur, Gusti Brewon ketika berbicara di hadapan  anggota Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang  Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, Kupang, Sabtu (22/6) petang.

“Kita tidak perlu menjauhkan diri dari pengidap HIV-AIDS. Karena HIV/AIDS bukan penyakit yang  mematikan dan menular.  Dengan mengonsumsi anti retroviral (ARV) secara teratur dan setiap  hari, kesehatan pengidap HIV/AIDS dapat pulih kembali,” kata Gusti Brewon.

Menurut Gusti Brewon, masyarakat tidak perlu menjauhi pengidap HIV/AIDS karena mereka juga  manusia yang membubutuhkan bantuan sesama. Penyakit itu tidak menular begitu saja, tetapi  hanya melalui darah, cairan sperma, cairan vagina maupun air susu ibu. Penularan juga bisa terjadi melalui narkoba, suntik, dan transfusi darah, penularan dari ibu ke anak.

“Yang perlu diingat para ibu-ibu, bahwa penularan HIV-AIDS tidak melalui kontak sosial, makan dan minum, udara, ludah dan kotoran, serta penularan tidak terjadi di kolam renang, meja makan dan tempat umum lainnya,” ungkap Gusti.

Berdasarkan data yang diperoleh KPA NTT, hingga saat ini jumlah pengidap HIV/AIDS di NTT sebanyak 2.351 kasus, dengan rincian HIV sebanyak 1.366, Aids sebanyak  985 kasus. Dari total penderita HIV/AIDS itu, yang meninggal dunia tercatat sebanyak 493.*** (AVI)

Baca Juga :  Nafsiah Mboi Akan Atasi Disparitas Pembangunan Bidang Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 79 = 83