60

Moral-politik.com. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kupang, Richardo Therik mengatakan, penyalahgunaan Narkotika dan Obat terlarang (Narkoba) di Provinsi NTT rupanya sudah sangat mengkuatirkan.

“Sesuai data BNN Pusat, pengguna Narkoba di NTT pada tahun 2012 lalu sudah mencapai angka 60.992 orang pemakai Narkoba,” kata Richardo saat melakukan sosialisasi dan penyuluhan Narkoba untuk pelajar Kota Kupang di SMA Muhamadyah Kupang, Senin (03/06).

Menurut Richardo, berdasarkan data Nasional, NTT menempati urutan 5 daerah peredaran gelap narkoba dimana salah satu pintu gerbang masuknya  adalah Timor Leste. Dengan data tersebut maka berbagai langkah telah dilakukan BNN Kota untuk menyelamatkan generasi muda bangsa. Salah satunya melakukan sosialisasi dan penyuluhan di sekolah- sekolah dan menciptakan kader anti narkoba.

“Peredaran Narkoba di NTT merupakan fenomena gunung es yang di permukaannya terlihat kecil, secara kasat mata tidak terlihat, namun kenyataannya sangat mengkuatirkan. Pengguna Narkoba di NTT terbanyak di Kota Kupang sehingga kita perlu melakukan sosialisasi termasuk kepada pelajar,” kata Richardo.

Untuk saat ini, kata Richardo, baru sebatas sosilisasi namun kedepan BNN Kota akan melakukan tes urine secara berjenjang di sekolah-sekolah untuk memastikan bahwa pelajar bebas dari Narkoba. Bagi yang ketahuan menggunakan Narkoba maka BNN Kota akan memfasilitasi korban untuk diobati atau direhabilitasi.

“Untuk melakukan tes urine memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebab satu alat tes urine harganya mencapai Rp.300 ribu,” ungkapnya.

Dari sosilaisi yang dilakukan BBN Kota, lanjut Richardo, pihaknya akan mencari kader anti narkoba untuk diberi pelatihan-pelathian sehingga mampu menjadi duta narkoba bagi pelajar lain yang ada di Kota Kupang bahkan di NTT.

“Sasaran pengedar narkoba saat ini sudah melebar ke sekolah sehingga jika tidak dicegah secara dini maka sangat membahayakan generasi bangsa,” kata Richardo. (Ale)

Baca Juga :  Hamil Anak Sajad Ukra, Nikita Mirzani tersiksa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 38 = 39