6

 

Moral-politik.com. Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, sampai Maret 2013 tercatat ada 2.351 kasus HIV/AIDS. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa kasus HIV/AIDS sudah menyebar di 21 Kabupaten Kota di-NTT.

Sementara itu, warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih ada yang takut melayat atau berkunjung ke rumah duka salah satu warga yang meninggal karena HIV AIDS. Komisi Penanggulangan Aids (KPA) NTT mengakui hal itu sebagai kelemahan KPA dalam sosialisasi HIV Aids. Staf KPA NTT Gusti Brewon mengatakan, KPA NTT dan KPA  kabupaten/kota akan lebih gencar sosialisasikan HIV Aids kepada warga.

“Kami himbaukan masyarakat tidak perlu takut, karena orang yang sudah meninggal tidak menularkan HIV. Dan kalaupun orang hidup, penularan HIV itu sangat terbatas. Jabat tangan, nyamuk, udara inikan tidak menularkan HIV. Masyarakat mungkin karena mendapat informasi yang keliru, jadi mereka takut berlebihan. HIV tidak menular melalui relasi sosial, sehingga masyarakat tidak perlu takut, jadi biasa saja. Apalagi kalau sudah meninggal tidak bisa lagi menularkan HIV,” kata Gusti Brewon.

Staf Komisi Penanggulangan Aids KPA NTT, Gusti Brewon menambahkan, sosialisasi HIV Aids akan difokuskan pada warga tingkat desa dan kelurahan. Sebelumnya, salah satu warga Kota Kupang atau Orang Dengan HIV Aids (ODHA) meninggal. Warga di sekitar rumah duka takut melayat atau datang ke rumah duka, karena khawatir tertular HIV Aids.  (Sil Sega)

Baca Juga :  Cornelis Soi : Belum Tahu Keadilan yang Dicari Esthon-Paul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here