11

Moral-politik.com. Dua belas partai peserta pemilihan umum legislatif pada tanggal 9 April 2014, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dinyatakan dapat memenuhi quota perempuan dalam pengajuan calon legislatif pada 4 daerah pemilihan. Dimana 12 partai tersebut, rata-rata di atas 30 % pada setiap dapil.

Seperti dilaporkan dalam pleno KPU TTU tadi pagi, Rabu (12/6), pada Dapil TTU 1 ada 9 partai yang quota perempuan  36, 36 % dari 11 caleg yang diajukan atau sebanyak 4 caleg perempuan. Masing-masing: Partai Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, Hanura dan PKPI.

Sedangkan 2 partai hanya  30,00 % atau sebanyak 3 caleg perempuan dari 10 caleg yang ditetapkan, yakni PAN dan PBB. Sedangkan 1 partai lainnya yakni PPP 33, 33 % dari 3 calon yang ditetapkan atau sebanyak 1 caleg perempuan.

Sementara di dapil 2, dari 10 partai rata-rata 33, 33% , kecuali PPP dan PKS yang tidak mengajukan calon pada Dapil ini.

Quota caleg perempuan pada dapil 3,  dari 12 partai peserta pemilu legislatif, 9 partai rata-rata 42,85 % yakni partai Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura.  Kesembilan partai ini mengajukan 4 caleg perempuan dari 7 orang ditetapkan.   Dua partai  hanya berhasil meraih 33, 33 % yakni PBB dan PKPI dimana keduanya hanya mengajukan 2 caleg perempuan dari 6 orang ditetapkan.

Sedangkan Dapil TTU 4, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berhasil mencapai 50 % quota perempuan dimana mengajukan 3 perempuan dari 6 caleg yang ditetapkan. Partai lainnya rata-rata 33, 33 % dari 6 caleg yang ditetapkan atau sebanyak 2 perempuan. Kecuali PBB yang mencapai 40,00 %, karena jumlah calegnya hanya 5 dengan komposisi 2 caleg perempuan dan 3 caleg laki-laki.

Seperti disaksikan Moral-politik.com pada pleno yang berlangsung sejak pukul 10.00 Wita, yang dipimpinan langsung oleh Ketua KPU TTU, Aster da Cunha, pleno berjalan cukup aman dan lancar. Pleno yang dihadiri sejumlah pimpinan partai di TTU ini, ternyata tidak ada keberatan dari para komisaris KPU TTU.

Baca Juga :  Papua: Pesawat Kargo NAC Terbakar di Bandara Wamena Kala Bongkar Muat

Anggota KPU TTU, Isfridus Lamur, usai pleno menjelaskan, selama 5 hari akan dilakukan pengumuman DCS agar masyarakat dapat mengetahui bakal calon legislatif yang akan ditetapkan dalam DCT untuk kemudian dipilih dalam pemilu legilatif mendatang.

“Setelah kita akan beri kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan atau tanggapan terhadap para caleg ini,” ungkapnya. (amy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 74 = 77