7

Moral-politik.com. Ratusan pencari kerja sejak pagi tadi hingga sore ini masih memadati kantor Dinas Sosial Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Mereka sedang mengikuti seleksi pendamping Program Keluarga Harapan Departeman Sosial  untuk ditempatkan di sejumlah kecamatan di kabupaten ini.

Sekretaris Dinas Sosial TTU, Drs. Maximus Akoit, M.Si, yang ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (1/6) menjelaskan, dari jumlah yang melamar hanya 122 orang untuk tenaga pendamping PKH,  117 orang tenaga operator computer, 5 orang yang dinyatakan lulus administrasi dan dinyatakan untuk mengikuti ujian tulis.

“Namun yang mengikuti tes tertulis pagi tadi hanya sebanyak 112 orang, sedangkan 10 orang tidak hadir,” ungkapnya.

Dijelaskan, seleksi pendamping PKH dan tenaga operator ini dilakukan oleh tim dari Departemen Sosial RI dan tim dari Dinas Sosial provinsi.

“Sedangkan kami di sini, hanya memfasilitasi saja pelaksanaan seleksi ini,” tegasnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa tahap seleksi yakni seleksi administrasi, ujian tulis, dan wawancara.

“Jadi, sekarang para peserta ini lagi menunggu pengumuman hasil ujian tadi pagi, untuk kemudian yang dinyatakan lulus akan langsung dilakukan tes wawancara dan tes praktik bagi tenaga operator sore ini,” ungkap Akoit.

Lebih jauh Akoit mengungkapan, usai tes wawancara, tim pusat akan membawa hasilnya ke Jakarta, setelah itu baru akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan ini.

“Yang jelas, pengumumannya akan segera dilakukan karena programnya mulai berjalan tahun ini.”

Sementara soal jumlah yang dibutuhkan, Akoit mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Namun yang jelasnya, kata dia, dari 14 kecamatan in,i ada yang 2 pendamping, ada juga yang 3 orang pendamping, sedangkan operatornya 1 orang di tingkat kabupaten.

“Semua ini tergantung dari Rumah Tangga Sangat Miskin yang ada di satu wilayah kecamatan, karena itulah yang menjadi kelompok sasaran dari program ini,” ungkapnya. (amy)

Baca Juga :  Kris Matutina: Komisi A Segera Panggil Kasat Pol PP

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here