Home / Sport / 120 Mahasiswa Unstar Rote Menuju ke Desa

120 Mahasiswa Unstar Rote Menuju ke Desa

Bagikan Halaman ini

Share Button

MAHASISWA KKN UNSTAR (5)

 

Moral-politik.com. Rektor Universitas Nusa Lontar, Rote, Dr.Ir. Jamin Habid, MM secara resmi melepas 120 mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke seluruh desa di Kabupaten Rote Ndao.

Pantauan wartawan di Kampus Universitas Nusa Lontar , Jumat (19/7) peserta yang mengenakan kostum KKN tersebut berkumpul di halaman kampus Unstar Rote sejak pukul 08.00 wita.

Usai seremoni singkat, ke 120 mahasiswa tersebut langsung diberangkatkan menuju desa yang ditentukan untuk masing-masing peserta dengan menggunakan mobil milik Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rote Ndao, serta mobil Dalmas milik Polres Rote Ndao dan didampingi oleh masing-masing dosen pembimbing.

Sebelumnya, Rektor Unstar Rote dalam sambutannya saat pelaksanaan pembekalan bagi 120 peserta KKN mengatakan, mahasiswa selaku kaum intelektual diharapkan mampu mengimplementasikan keilmuannya saat berada di tengah masyarakat.

Di samping itu, para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN diharapkannya mampu menjadi corong pendidikan di tengah masyarakat.

“Mahasiswa harus tampil menjadi pembaharu di tengah masyarakat serta dapat memberikan pencerahan-pencerahan kepada warga,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan KKN merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi, yakni berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mahasiswa sebagai agen of change (pelaku perubahan) diharapkannya menjadi pelopor perubahan.

Para mahasiswa juga diingatkannya supaya mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial di tengah masyarakat, sehingga diharapkannya  dapat menujunjung tinggi etika dan moral.

“Jagalah perilaku saat berada di tengah masyarakat serta jaga nama baik lembaga!” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III yang membidangi kemahasiswaan, Drs.Elisa Suki dalam sambutannya saat acara pembekalan menegaskan agar mahasiwa KKN bisa menjaga kewibawaan lembaga.

“Tunjukkan kepada masyarakat bahwa Unstar juga bisa laksanakan perubahan. Dengan demikian kehadiran para mahasiswa di tengah masyarakat harus mampu membawa perubahan!” tegasnya.

Baca Juga :  Maluku Utara Kerepotan Kekurangan Soal UN SD di Hari Kedua

Sebagai kelompok intelektual, lanjut dia, peserta KKN diharapkannya supaya mampu beradaptasi dengan masyarakat di lokasi kegiatan.

“Bersuaralah bersama masyarakat dan bekerjalah bersama masyarakat,” katanya. (lima)

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button