Home / Pena_VJB / Air Putih Segelas Mempertajam Pikiran

Air Putih Segelas Mempertajam Pikiran

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

Moral-politik.com. Otak lemot bukan bawaan dari bayi tapi hanya karena kondisi biologis tertentu yang mengakibatkan otak bekerja secara lambat misalnya lapar atau haus. Namun sebuah studi menemukan jika otak mendadak lemot, minum segelas air putih bisa jadi solusi terbaik.

Tim peneliti dari University of East London percaya bahwa kelemotan otak seseorang dapat terlihat dengan jelas ketika ia merasakan haus. Tapi sekali rasa haus itu hilang dengan minum air putih maka otaknya bisa fokus dengan pekerjaan yang tengah ia lakukan. Untuk itu peneliti mengatakan minum air putih dapat mempertajam pikiran seseorang.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 34 pria dan wanita yang diminta menyelesaikan sejumlah tes mental sebanyak dua kali; satu kali setelah sarapan sereal dan satu kali lagi setelah minum sebotol air selepas makan sereal.

Tak satupun partisipan yang makan atau minum di malam sebelumnya dan setiap partisipan ditanya seberapa haus mereka di awal eksperimen. Beberapa partisipan yang mengaku tidak haus dapat merespons sama cepatnya saat menjalani tes kecepatan reaksi, baik dengan bantuan air putih ataupun tidak.

Tapi partisipan yang merasa haus langsung bisa merespons dengan cepat setelah minum air, bahkan 14 persen lebih cepat dari sebelumnya. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience.

Peneliti menduga konsumsi air membantu membebaskan sejumlah bagian di dalam otak yang sibuk ‘memberitahukan’ kepada tubuh jika mereka memproses sensasi rasa haus atau singkatnya merasakan haus.

“Jadi tak ada salahnya untuk mengambil jeda dan minum segelas air ketika Anda tengah bekerja keras. Tak hanya air putih, teh dan kopi juga bisa membantu hidrasi Anda,” tandas peneliti Caroline Edmonds seperti dilansir Daily Mail, Kamis (18/7/2013).

Baca Juga :  Bupati Samosir Bikin Festival Danau Toba untuk Guncang Dunia

Dr. Edmonds juga memperlihatkan studi sebelumnya yang menemukan bahwa anak-anak yang diberi segelas air sebelum mengerjakan tes memberikan skor sepertiga lebih baik daripada yang tidak minum air.

Dari studi terpisah pun diketahui bahwa tak memperoleh konsumsi air yang memadai dapat menyebabkan ‘grey matter’ (bagian otak yang berperan mengendalikan otot, persepsi sensorik seperti melihat dan mendengar, daya ingat, emosi dan cara berbicara) menyusut dan membuat seseorang jadi sulit berpikir.

Tapi setelah diberi minum satu-dua gelas air putih, otak partisipan dalam studi tersebut dapat kembali normal dengan cepat. (Sumber: detik.com)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button