Home / Sport / Akibat Tergiur Dua Unit Mobil, Seorang PNS Tertipu Ratusan Juta Rupiah

Akibat Tergiur Dua Unit Mobil, Seorang PNS Tertipu Ratusan Juta Rupiah

Bagikan Halaman ini

Share Button

10foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Akibat tergiur untuk memiliki dua unit mobil, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada salah satu Instansi Pemerintah di Kota Kupang, akhirnya harus kehilangan uang ratusan juta rupiah miliknya karena ditipu temannya sendiri.

Nikolaus Nonoago (61) warga jalan Kembang Merah RT19/RW 07 Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang tertipu karena rayuan manis temannya Andi Hidayat (40), warga jalan Sudirman No.52 Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, akibat janji jual beli mobil.

Atas kejadian yang menimpanya, Nikolaus akhirnya melaporkan kasus ini di Mapolres Kupang, Senin (01/07), karena ditipu Andi Hidayat dengan alasan menjual mobil Inova baru dan bekas dengan harga Rp. 376.000.000. Dalam laporannya, Nikolaus mengatakan, kasus ini bermula ketika Andi Hidayat mengajak dirinya melihat mobil Toyota Kijang Inova baru Tipe V Diesel dan Satu Unit Toyota Kijang Inova Bekas Tipe G, dan setelah disepakati harga jual beli, kemudian menyerahkan uang uang muka senilai Rp 1.000.000 sebagai ikatan pertama.

Setelah menyerahkan uang tersebut, Andi mengatakan akan mendatangkan dua unit mobil baru dan bekas dengan merek yang sama dari Jakarta.  Kemudian sejak tanggal 4 Februari 2012 lalu, dirinya  mengirimkan uang lagi sebesar Rp 5 juta melalui Bank NTT. Dan pada tanggal 6 Februari 2012, dirinya kembali diminta untuk mengirimkan uang senilai Rp 370 juta melalui Bank NTT ke rekening BCA Milik Andi Hidayat dengan Nomor 5770095907 untuk pembayaran dua unit mobil tersebut.

“Setelah menunggu beberapa minggu  kemudian, mobil  Inova baru belum juga tiba di Kupang,  ketika dirinya  menanyakan waktu pengiriman mobil ternyata hanya janji, “ kata Nikolaus.

Dirinya merasa tertipu sehingga meminta kepada Andi Hidayat agar uangnya yang digunakan untuk membeli satu unit mobil bekas tersebut segera dikembalikan. Namun Andi Hidayat hanya mengembalikan uang sebesar lima puluh juta rupiah pada tanggal 26 Juli 2013.

Baca Juga :  Bandung: Ibunda Gilang, Penyebar Isu Sekte Seks Minta Maaf

“Bukan saja saya ditipu, tetapi pada tanggal tersebut, pihak dari BCA Finance dengan membawa surat untuk mengambil mobil toyota kijang Inova baru Tipe V Diesel dari tangan dirinya dan bank tersebut menyatakan bahwa, mobil tersebut adalah mobil kredit yang telah tertunggak selama satu tahun belum dibayar,” katanya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Kupang Kota, Iptu Janurius Mau saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan tersebut, dan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

“Upaya penipuan ini akan dikenakan pidana pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” katanya. (Ale)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button