Home / Pena_VJB / Alfred H.J.Zakarias, Sekda Rote Ndao Jadi Tersangka Proyek Winguard

Alfred H.J.Zakarias, Sekda Rote Ndao Jadi Tersangka Proyek Winguard

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Setelah melalui penyelidikan yang cukup lama dan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, akhirnya Kejaksaan Negeri Ba’a menetapkan mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rote Ndao, Drs.Alfred H.J.Zakarias, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Sekeretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek win guard.

Hal ini dikemukakan Kepala Kejaksaan Negeri Ba’a, I Gde Ngurah Sriada, SH, MH kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (10/7).

Menurutnya, penetapan tersangka kepada Drs. Alfred H.J. Zakarias, M.Si setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi dalam kasus tersebut.

“Kami juga sudah lakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dan kami sudah memiliki cukup bukti. Sehingga kami telah menetapkan satu orang tersangka atas nama Alfred H.J.Zakarias yang saat itu menjabat sebagai Kasatker,” kata Sriada.

Untuk percepatan penanganan kasus tersebut, kata Sriada, pihaknya telah menyurati tim ahli dari Politeknik Negeri Kupang untuk lakukan perhitungan kekurangan spesifikasi teknik.

“Kami juga sudah menyurati ke Politeknik Negeri Kupang untuk lakukan perhitungan kekurangan spesifikasi pekerjaan. Hasil perhitungan nanti akan diserahkan ke BPKP untuk dilakukan perhitungan kerugian negara. Setelah ada perhitungan BPKP, tahap selanjutnya adalah pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sebagai tersangka. Anda akan lihat nanti apakah ditahan atau tidak, tetapi dalam kasus ini kami memiliki cukup bukti!” tandasnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya masih menunggu kehadiran Direktris Yayasan Womintra Kupang untuk menjalani pemeriksaan.

“Saksi atas nama Susy Katipana saat ini masih di Malaysia sedang jalani perawatan kesehatan dan kami masih menunggu kehadirannya untuk jalani pemeriksaan,” katanya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Kejaksaan Negeri Ba’a memeriksa Wakil Direktur Yayasan Womintra Kupang, Katrin Katipana yang diketahui berstatus sebagai adik kandung Direktris Yayasan Womintra Kupang, Susy Katipana dalam kasus dugaan korupsi proyek Winguard di Pemkab Rote Ndao TA.2005 lalu.

Baca Juga :  Pemerintah AS Tutup 21 Kedutaan di Afrika utara dan Timur Tengah

Saat menjalani pemeriksaan di kantor Kejaksaan Negeri Ba’a, Katrin Katipana didampingi kuasa hukumnya dari Metro Brata Lawyer Club (MBLC) masing-masing Ferdinand HS Pamikiran, SH dan V. Rogahang Philip, SH.

Pemeriksaan itu dilakukan setelah sebelumnya Kejari Ba’a melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi seperti mantan Bupati Rote Ndao, Christian Dillak, mantan Asisten III Setda Kabupaten Rote Ndao, Drs.Ernes Pella, mantan  bendahara pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Rote Ndao, Yosepus Manafe serta Mantan Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Sar Manafe. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button