Home / Sport / Banyak Sumur P2AT Tak Beroperasi

Banyak Sumur P2AT Tak Beroperasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

 

Moral-politik.com. Hingga saat ini sejumlah sumur bor yang dibangun melalui program P2AT Provinsi Nusa Tenggara Timur  (NTT) di sejumlah lokasi di Kabupaten Rote Ndao tak lagi beroperasi.

Salah satu sumur bor yang dibangun melalui program tersebut diantaranya di ibu kota Kecamatan Rote Timur, saat ini tak lagi beroperasi dikarenakan sistem pengelolaannya tidak maksimal.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan di lokasi tersebut, Jumat (12/7) menyebutkan, sumur bor yang dibangun tahun anggaran 2010 lalu tersebut, saat ini tak lagi berfungsi untuk melayani kebutuhan warga.

“Tidak beroperasi karena ada peralatan yang rusak,” katanya.

Kondisi yang sama juga terjadi pada sumur bor yang dibangun di sekitar kompleks perkantoran Bupati Rote Ndao, hingga saat ini belum dimanfaatkan. Padahal di sekitar lokasi sumur bor itu telah disiapkan satu unit recervoar.

Terhadap tidak berfungsinya sejumlah sumur bor tersebut, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Rote Ndao, Ir.Untung Harjito belum berhasil dihubungi wartawan.

Sementara itu, Drektur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rote Ndao, Marthen Kalla, S.Ip yang ditemui wartawan di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya tidak dapat mengintervensi untuk mengambil alih pengelolaan sumur bor yang ada.

Padahal kata dia, bila sumur bor yang ada dikelola secara baik dapat meningkatkan pelayanan kebutuhan air bersih warga.

“Kami tidak bisa mengintervensi pengelolaan sumur bor yang ada itu, karena kehadirannya atas permintaan masyarakat,” terangnya.

Sedangkan berkaitan dengan sumur bor yang terletak di sekitar kompleks perkantoran Bupati Rote Ndao, pihaknya telah melakukan pendekatan ke Pemkab Rote Ndao melalui Distamben Rote Ndao.

“Kami akan lakukan pendekatan ke Dinas Pertambangan dan energi agar sumber air yang ada itu bisa diserahkan ke PDAM untuk mengelolanya, karena jaringannya sudah ada. Kalau diserahkan pengelolaannya kepada kami, kami hanya buat sambungan rumah saja untuk penuhi pelayanan air bersih di kompleks perkantoran,” terangnya.(lima)

Baca Juga :  Masa Jabatan 5 Anggota KPU NTT Diperpanjang

Pencarian Terkait:

  • p2at provinsi NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button