Home / Pena_VJB / Benarkah Klaim Arkelog Israel Temukan Istana Nabi Daud?

Benarkah Klaim Arkelog Israel Temukan Istana Nabi Daud?

Bagikan Halaman ini

Share Button

15

 

Moral-politik.com. Sekelompok arkeolog Israel mengklaim bahwa mereka telah berhasil menemukan reruntuhan istana peninggalan Nabi Daud.

Tim arkeolog dari Universitas Hebrew mengatakan, mereka berhasil menemukan kompleks istana tersebut di sebuah situs yang disebut Khirbet Qeiyafa, di sebelah barat kota Yerusalem, Israel.

Menurut tim peneliti, istana ini merupakan peninggalan utuh pertama dari masa pemerintahan Nabi Daud yang berhasil di temukan oleh kalangan peneliti.

“Khirbet Qeiyafa merupakan contoh terbaik dari sebuah kota peninggalan dari masa Nabi Daud,” kata Dr. Yossi Garfinkel, arkeolog dari Universitas Hebrew.

Selama tujuh tahun, Dr. Garfinkel memimpin penggalian (ekskavasi) bersama dengan sejumlah peneliti dari lembaga Israel Antiquities Authority.

Dr Garfinkel mengatakan, timnya berhasil menemukan sejumlah benda peninggalan yang biasanya digunakan oleh kalangan pengikut Nabi Daud. Selain itu, mereka juga berhasil membuktikan bahwa tidak ada jejak sisa babi.

Menurut hukum Yahudi, babi merupakan makanan yang terlarang untuk dikonsumsi oleh kalangan pengikut Nabi Daud.

Dengan tidak adanya jejak sisa babi di kawasan tersebut, merupakan “bukti kuat” bahwa Daud dan keturunannya telah memerintah di lokasi itu.

Sayangnya, penemuan istana tersebut masih mengundang perdebatan di kalangan peneliti lainnya.

Bagi kalangan yang skeptis, mereka menyatakan bahwa situs tersebut bisa saja merupakan peninggalan kerajaan lain yang kebetulan dibangun di daerah tersebut.

Apalagi, terdapat konsensus di antara sebagian kalangan peneliti bahwa sampai saat ini tidak ada bukti fisik yang definitif tentang keberadaan istana Nabi Daud.

Kegiatan ekskavasi saat ini, juga bukan yang pertama telah mengklaim berhasil menemukan istana peninggalan Nabi Daud.

Pada tahun 2005 yang lalu, arkeolog Eilat Mazar mengatakan bahwa dirinya berhasil menemukan sisa-sisa istana Nabi Daud, juga di wilayah Yerusalem. (Sumber: beritasatu.com)

Baca Juga :  Soal Harga BBM: Menanti Hasil Pertemuan Presiden dengan DPR

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button